oleh

Putin Diwakili Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov Hadir di KTT G20 di Bali

Buletin Indonesia News.com

BADUNG, — Ketua Bidang Penyelenggaraan Acara G20 sekaligus Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan, mengatakan, kemungkinan Presiden Rusia Vladimir Putin atau perwakilannya menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 secara virtual. Putin sudah dipastikan tidak hadir secara fisik di KTT G20 di Pulau Dewata pada 15-16 November 2022.

“Mereka (Rusia) sepertinya akan virtual ya. Kita lihat deh,” kata Luhut usai menghadiri Net Zero Summit 2022 yang merupakan rangkaian acara Business 20 (B20) Summit di Nusa Dua, Kabupaten Badung, Provinsi Bali, Jumat (11/11/2022).

Sebelumnya, Luhut mengungkapkan, Putin tidak akan menghadiri KTT G20 secara langsung di Bali dan akan diwakili Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov. Kementerian Luar Negeri Rusia sempat menyatakan Sergei akan menghadiri langsung dan memimpin delegasi Rusia pada KTT G20 di Bali.

Hingga kini, belum dapat dipastikan apakah perwakilan Rusia akan hadir langsung di Bali atau tidak, menyusul kondisi konflik negara tersebut dengan Ukraina. Sementara itu, Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy memastikan akan menghadiri KTT G20 di Bali “dalam format tertentu”, kata Jubir Kepresidenan Ukraina Sergii Nykyforov.

KTT G20 dijadwalkan berlangsung pada 15-16 November. Indonesia mengangkat tiga isu prioritas dalam KTT G20, yaitu arsitektur kesehatan global, transisi energi berkelanjutan, dan transformasi digital.