Resmikan Mayapada Hospital Bandung, Jokowi : Rp 165 Triliun Devisa Negara Hilang, Kenapa?

Buletin Indonesia News.com

JAKARTA, — Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, bahwa hampir sebanyak 2 juta orang Indonesia pergi ke luar negeri untuk berobat. Ia menyebutkan, 1 juta orang berobat pergi ke Malaysia, 750.000 pergi ke Singapura, dan sisanya pergi ke Jerman, Amerika Serikat, Jepang, dan negara lainnya.

“Informasi yang saya terima hampir 2 juta masyarakat kita masih pergi berobat ke luar negeri bila sakit, padahal kita punya rumah sakit seperti Mayapada Hospital Bandung. Mau kita teruskan? Rp. 165 triliun devisa kita hilang, karena ada modal yang keluar,” kata Jokowi saat meresmikan Mayapada Hospital Bandung, pada Senin (06/03/2023).

“Untuk itu, saya mendukung pembangunan rumah sakit seperti Mayapada. Mulai dari ruangannya, alat kesehatannya, tata ruangnya, green buildingnya bagus,” sambungnya.

Namun menurut Jokowi, Indonesia memang masih memiliki masalah dalam bidang Kesehatan. Diantaranya dokter spesialis dan dokter yang memiliki sub spesialis masih kurang di Indonesia.

“Saya bisik ke Pak Menkes ini harus diurus alkes dan ruang fisik sudah banyak yang bagus tapi ada juga yang belum bagus ini harus diperbaiki, sehingga layanan ke masyarakat menjadi lebih baik,” tuturnya.