oleh

Reynaldi dan Dinda Resmi Menjadi Mojang Jajaka Kabupaten Ciamis

Buletin Indonesia News.com

CIAMIS, Jabar – Puncak acara Grandfinal Mojang Jajaka Kabupaten Ciamis telah selesai digelar, acara Grandfinal tersebut digelar di Gedung Irfan Hielmy, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, pada Minggu (15/01/2023) malam.

Reynaldi Galuh Mulyana yang mewakili Kecamatan Ciamis berhasil terpilih menjadi Jajaka Kabupaten Ciamis, Reynaldi merupakan seorang alumni dari Universitas Soedirman, Purwokerto, Jawa Tengah. Sedangkan, Mojang yang terpilih yaitu Dinda Gianina yang mewakili Kecamatan Sadananya. Dinda merupakan seorang pelajar di SMAN 1 Ciamis.

“Alhamdulillah, setelah saya terpilih menjadi Jajaka di Kabupaten Ciamis 2022/2023. Disini bagaimana saya harus bisa berkonstribusi lebih untuk kabupaten Ciamis, khususnya bagaimana saya berkonstribusi untuk masyarakat sekitar agar kabupaten Ciamis ini bisa lebih unggul daripada kabupaten lainnya,” ujar Reynaldi kepada wartawan.

Reynaldi mengatakan, bahwa Kabupaten Ciamis memiliki potensi yang sangat besar. Terutama sektor Pariwisata.

“Kita bisa memanfaatkan pariwisata, potensi yang kita miliki sangat besar. Oleh karena itu, bagaimana cara kita dapat mengelola dengan bijak dan professional. Sehingga, Kabupaten Ciamis ini memiliki identitas sendiri dan dapat dikenal oleh masyarakat yang lebih luas. Program terdekat saat ini yaitu bagaimana untuk bisa berkonstribusi dengan masyarakat, khususnya dalam hal lingkungan dan pariwisata. Karena pariwisata ini menjadi salah satu sektor unggulan yang dimiliki oleh Kabupaten Ciamis dan juga kita bisa memanfaatkan secara lebih nyata sehingga memberikan dampak positif pada masyarakat,” kata Reynaldi.

“Pariwisata di Ciamis ini sangat banyak sekali, dari wisata alam, wisata religi, dan wisata-wisata lainnya. Oleh karena itu, kita perlu untuk mengkolaborasikan pariwisata yang ad aini kita prioritaskan semua pariwisata yang ada,” sambungnya.

Reynaldi menjelaskan, terdapat sejumlah program yang dapat digunakan dan bekerjasama dengan beberapa pihak agar dapat memberikan dampak yang baik bagi masyarakat Kabupaten Ciamis.

“Kita bisa melalui program-program advokasi dan pentahelix, kita bisa bekerjasama dengan akademisi, komunitas-komunitas yang kita miliki di Ciamis ini sangat besar, komunitas dari sosial, budaya, dan lingkungan. Kita memiliki banyak komunitas, disinilah peran kita bagaimana berkolaborasi memberikan dampak positif bagi masyarakat Kabupaten Ciamis,”

Selain pariwisata, Reynaldi memaparkan bahwa UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) menjadi salah satu sektor yang tidak kalah pentingnya bagi Kabupaten Ciamis.

“Salah satu potensi yang dimiliki Ciamis adalah UMKM, UMKM ini adalah menjadi salah satu sektor juga yang penyumbang yang terbesar. Oleh karena itu, dengan memanfaatkan UMKM yang kita miliki bisa berkolaborasi juga untuk bisa berkonstribusi untuk UMKM yang ada. Sehingga, kita bisa mengembangkan potensi yang dimiliki UMKM dan dikenal oleh masyarakat yang lebih luas. Khususnya, masyarakat Jawa Barat,” paparnya.

Reynaldi tidak mempermasalahkan hadiah yang didapatkannya, justru ia ingin berkonstribusi dengan masyarakat Kabupaten Ciamis.

“Terkait dengan hadiah ini, bukan menjadi salah satu hal yang dipermasalahkan. Tapi, bagaimana yang paling penting disini adalah kita berkonstribusi dengan masyarakat yang ada di Ciamis,” ucapnya.

Sebelum terpilih menjadi Mojang Jajaka Kabupaten Ciamis, Reynaldi dan Dinda, serta 28 para Finalis Mojang Jajaka harus melewati beberapa tahap. Salah satunya, menjawab pertanyaan dari salah satu dewan juri. Baik pertanyaan yang dilontarkan oleh dewan juri maupun pertanyaan yang dijawab oleh para Finalis Mojang Jajaka ada yang menggunakan bahasa Sunda, bahasa Indonesia, hingga Bahasa Inggris.

(Reporter : *Tegar Anjar Abadi & *Arrizal Adam Gunawan Putra)