RSDK Ciamis Gelar Operasi Bibir Sumbing Gratis

RSDK Ciamis Gelar Operasi Bibir Sumbing Gratis

BINews

CIAMIS, -18 orang anak penderita bibir sumbing terlihat bahagia setelah melaksanakan operasi bibir sumbing yang digelar Rumah Sakit Dadi Keluarga (RSDK) Ciamis, Sabtu (17/10/2030).

Direktur RSDK Ciamis, dr H. Muhamad Ikbal mengatakan ini merupakan acara bakti sosial dalam rangkaian hari ulang tahun ke-3 RSDK Ciamis dan ulang tahun ke-16 Kecamatan Baregbeg, ini merupakan kegiatan yang kedua kali nya.

Direktur RSDK Ciamis, dr H. Muhamad Ikbal

“Bakti sosial ini diikuti oleh 18 pasien anak-anak yang berasal dari berbagai Kabupaten, ada yang dari Ciamis, Banjar, Pangandaran, Tasikmalaya, dan Cilacap,” katanya.

Menurutnya, dr H. Muhamad Ikbal (RSDK) Ciamis bekerja sama dengan Smile Train, sebuah yayasan sosial berskala internasional yang mengkhususkan diri pada operasi bibir sumbing dan celah langit-langi di seluruh Indonesia.

“Semuanya ada 22 orang yang mendaftar, namun ada beberapa orang mengundurkan diri, ada juga yang secara medis bełum siap menjalani operasi,” ujarnya.

Dijelaskanya, sebelum menjalani operasi, pasien terlebih dahulu menjalani pemeriksaan awal dan menginap di RSDK Ciamis, untuk memastikan mereka apakah sudah memenuhi kriteria kesiapan operasi atau belum.

Lebih lanjut Ikbal menjelaskan sesuai dengan komitmen RSDK Ciamis dan Smile Train, bakti sosial operasi gratis bibir sumbing dan celah langit-langit ini akan dilakukan secara berkala, minimal tiga bulan sekali.

“Kami akan berkoordinasi dengan pihak Smile Train apabila sudah ada 10 orang pasien untuk menentukan jadwal operasi, intinya kami siap kapan saja untuk membantu masyarakat yang membutuhkan operasi bibir sumbing ini secara cuma-cuma,” jelasnya.

Camat Baregbeg, Edi Yulianto sangat mendukung dan mengapresiasi adanya bakti sosial bibir sumbing tersebut, yang merupakan kegiatan mulia untuk membantu masyarakat kurang mampu yang menderita bibir sumbing, apalagi dalam kegiatan tersebut ada warganya yang mengikuti.

“Saya harap bakti sosial ini berkelanjutan untuk membantu masyarakat, terimakasih untuk RSDK Ciamis dan semua pihak yang terlibat dalam acara ini,” tegasnya.

Kabid Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Ciamis, dr Eny Rochaeni yang hadir dalam acara tersebut memberikan dukungan penuh atas pelaksanaan bakti sosial tersebut.

“Karena masih masa pademi Covid-19, saya berpesan agar kegiatan ini tetap memperhatikan protokol kesehatan. Alhamdulillah, kegiatan sosial ini berjalan dengan baik dan lancar,” ucapnya.

Operasi kali ini dilakukan oleh dr Muhamad Rizqy Setyarto, SpBP-RE, spesialis bedah plastik di RS Aro Pekalongan, dr Yantoko, SpBP-RE dari RS Persahabatan, Jakarta, tim medis Smile Train ini dibantu oleh para perawat Instalasi Bedah Sentral RSDK Ciamis. Tim medis inilah yang mengembangkan senyum bagi 18 pasien yang baru saja menjalani operasi.

Dalam baksos kali ini juga didukung oleh Jabar Bergerak, organisasi yang mengurusi bidang Keagamaan, Pendidikan, Sosial, Pariwisata Kuliner, Budaya, Kesehatan Dan Lingkungan.
(Nang)

Admin BIN