Saluran Irigasi Cimulu ” Go Clean Our River 2020″ Potensi Sampah Dapat Dijadikan Uang

Saluran Irigasi Cimulu ” Go Clean Our River 2020″ Potensi Sampah Dapat Dijadikan Uang

Buletin Indonesia News,


Tasikmalaya, — Kegiatan Bhaksos dengan memberihkan saluran irigasi yang dimotori Karang Taruna masih banyak yang harus dikerjakan, salah satunya masalah pengelolaan sampah, jika sampah bisa memeneg yang tadinya pekerjaan rumahtangga bisa dijadikan rupiah, dengan cara memilah memilih sehingga mana yang harus dipilah dipilih dan menghasilkan uang.

Karang taruna Cibeureum dan Tagana beserta relawan lainnya turun di saluran irigasi Cimulu untuk membersihkan sampah-sampah dan sedimen agar irigasi bebas dari sampah


Hal tersebut diungkapkan Rohman Camat Kecamatan Cibeureum Kota Tasikmalaya yang baru menjabat Camat Cibeureum satu bulan, pada saat mengadakan Bhaksos pembersihan sampah di saluran irigasi Cimulu, Minggu (23/02/2020).


Lanjutnya dia, kebetulan di beberpa kelurahan yang diinisiasasi karang taruna baik di Kecamatan, salah satunya keluarahan Margabakti alhamdulillah, sementara mengadakan pembersihan merupakan titik awal, kedepannya kita akan mengadakan pelatihan bimbingan teknis khusus lembaga-lembaga yang ada kelurahan untuk bagaimana dari sampah dapat menghasilkan uang. “sampah jangan merupakan masalah justru ini adalah potensi kita, agar bagaimana potensi sampah dapat meningkatkan perekonomian,” tandas Camat saat melihat tumpukan sampah yang sedang dibersihkan.

Relawan santri turun langsung ke saluran irigasi guna untuk membersihkan sampah yang ada di saluran irigasi Cimulu


Dikatakannya, pemerintah pusat, provinsi maupun daerah agar sungai atau saluran irigasi terbebas dari sampah-sampah yang dapat mencemari air atau lingkungan, serta kepada masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan apalagi dibuang ke sungai atau saluran irigasi dampak semuanya akan kembali pada diri kita sendiri.


Ditempat terpisah Cecep Sopiyan, ST, MT selaku Kasi Irigasi UPTD BPSDA wilayah Citanduy yang didampingi Edi, ST, Koordinator SUP Citanduy mengatakan kegiatan yang dilaksanakan Karang taruna sangat mendukung sekali apalagi ini di saluran irigasi Cimulu.

Lanjutnya, karyawan dari SUP pun terjun langsung besama-sama masyarakat lainnya dengan membesihkan sampah-sampah yang ada di saluran irigasi, babad rumput pinggiran saluran, sedimen yang menumpuk, sehingga saluran irigasi dari hulu ke hilir tidak ada hambatan karena sampah atau sedimen, hingga saluran lancar serta air tidak tercemar sampah.


“Untuk tahun ini saluran irigasi Cimulu memang ada pekerjaan pengankatan sedimen. Namun untuk BCMU 19 proposalnya baru masuk usulan, yang insya alloh akan diajukan selanjutnya, Saluran irigasi di Cimulu yang sudah dangkal termasuk kantong-kantong lumpur pasti ada pengankatan sedimen agar saluran irigasi dapat mengalir sesuai harapan masyarakat,”terangnya.


Ditempat yang sama anggota Kelompok Tani wanita (KWT) Kelurahan Margabakti mengatakan adanya kegiatan ini sangat bagus sekali, apalagi tempat penyuluhan kami KWT ada disekitar bantaran saluran irigasi Cimulu. Jika saluran ini bersih sampah airnya pun bersih kelihatan sangat resik.

KWT Kelurahan Margabakti ikut serta dalam membersihkan saluran irigasi Cimulu


Abdi mah resep aya bersih-bersih di saluran Cimulu katingalna saluran teh jadi indah teu tercema sampah, semoga kegiatan ini bukan hanya disini saja melainkan terus dilanjutkan di tempat yang rawan sampah atau kotoran pada saluran iigasi agar dapat mengairi persawahan dan kolam dengan lancar dan bersih,” tutupnya.


(Asjen)

BULETIN INDONESIA NEWS

%d blogger menyukai ini: