oleh

Sampang Butuhkan Dana 1,3 Triliun Untuk Tangani Banjir

Buletin Indonesia News

Madura ,-Air banjir selalu menjadi bencana tahunan yang dialami Kabupaten Sampang, Madura saat musim penghujan. Melihat hal itu, Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf (Gus Ipul) mengusulkan adanya anggaran khusus untuk penanggulangan bencana banjir, Rabu (22/11/17).

Penanggulangan ini membutuhkan anggaran setidaknya hingga Rp 1,3 triliun. Nilai ini masuk akal mengingat dataran di Sampang berada di ketinggian bawah permukaan air laut.

“Lokasi Sampang ada di bawah permukaan laut, karena itu Sampang selalu banjir. Semoga tahun depan banjir Sampang bisa ditanggulangi dan memang butuh biaya besar,” ujar Gus Ipul saat menghadiri “Pesona Tlatah Jawa Timuran di Alun-alun Wijaya Kusuma Sampang Selasa 21 November 2017 malam,”.

Rencananya, alokasi dana ini akan mulai dianggarkan tahun depan untuk menanggulangi bencana banjir tahunan di Sampang.

Gus Ipul mengatakan, dengan kontur tanah yang lebih rendah dari muka air laut, maka salah satu cara untuk mengatasi banjir Sampang adalah dengan menyediakan pompa yang sangat besar.

Pompa ini diletakkan di wilayah Kota Sampang maupun dataran yang secara geografis lebih rendah dari permukaan air laut. Fungsinya untuk membuang air ke laut. Pemerintah Provinsi, Gus Ipul melanjutkan, saat ini telah meminta pengadaan pompa ini kepada pemerintah pusat.

Selain menyediakan pompa besar, Pemerintah Provinsi juga telah membangun penahan air di Ombhen, Sampang. Penahan air yang telah dibangun sebanyak tiga buah. Tetapi penahan air ini tetap saja tidak bisa menangkal banjir di Sampang.

Gus Ipul mengatakan jika tak lagi banjir, maka kemajuan dan kesejahteraan bagi masyarakat Sampang diharapkan juga bisa segera tercapai.

Sementara itu, Bupati Sampang Fadhillah Budiono, menyambut baik rencana Gus Ipul untuk segera mengatasi banjir Sampang. “Kami akan mendukung upaya Gus Ipul membebaskan Sampang dari banjir,” kata Dadhillah.

Sumber : Merdeka

Komentar

News Feed