Sat Narkoba Polres Ciamis Amankan 48 Ribu Butir Hexymer

Sat Narkoba Polres Ciamis Amankan 48 Ribu Butir Hexymer

BINews

CIAMIS,-Satuan Narkoba Polres Ciamis berhasil mengungkap dan mengamankan pengedar 48 ribu butir obat jenis Hexymer di wilayah hukum Polres Ciamis, hal itu diungkapkan Kapolres Ciamis, AKBP Doni Eka Putra didampingi Kasat Narkoba, AKP Darli dan Kabag Humas Polres Ciamis, AKP Magdalena dalam Konferensi Pers yang digelar di Halaman Mapolres Ciamis, Rabu (04/11/2020).

Kapolres Ciamis AKBP Dony Eka Putra Satuan Narkoba Polres Ciamis berhasil mengungkap dan mengamankan pengedar 48 ribu butir obat jenis Hexymer di wilayah hukum Polres Ciamis

Dikatakannya, pengungkapan kasus peredaran penjualan sediaan farmasi obat jenis Hexymer tersebut berawal dari penangkapan tersangka DK (30) warga Jalan Damar IV B-196 RT 003 RW 019, Kelurahan Lagadar, Kecamatan Marga Asih Kota Bandung.

“Penangkapan tersangka merupakan hasil pengembangan informasi yang kami terima,” katanya.

Menurutnya, tersangka yang menggunakan mobil avanza ditangkap di seputaran Alun-alun Ciamis, saat digeledah dari dalam mobil tersangka ditemukan 48 ribu butir obat jenis Hexymer, yang disimpan dalam 2 buah dus berisikan 48 toples, yang masing-masing toples berisikan 1000 butir.

“Hexymer ini merupakan obat keras yang termasuk dalam daftar G yang berbahaya, untuk penggunaanya harus dengan resep dokter,” tegasnya.

Dijelaskannya, modus operandi tersangka untuk mendapatkan barang tersebut melalui media sosial Facebook, dengan cara terlebih dahulu mentransfer dana sebesar Rp.12 juta, sebagai DP, dan 1 hari kemudian paket Hexymer tersebut sampai ditangan tersangka melalui jasa pengiriman, tersangka mendapatkan 2 dus berisikan 48 toples obat jenis Hexymer, satu toples obat jenis Hexymer dibeli tersangka Rp. 330 ribu, dan dijual Rp.
Rp. 450 ribu jadi tersangka mendapatkan keuntungan Rp. 120 ribu /toples.

“Setelah mendapatkan paket Hexymer kemudian tersangka membawanya ke wilayah Ciamis ini untuk dijual, dan tersangka sudah lebih dari 10 kali melakukan transaksi, mulai dari 5 toples, 7 toples dan terakhir ini sebanyak 48 Toples,” jelasnya.

Sementara Kasat Narkoba Polres Ciamis, AKP Darli menambahkan, BB berhasil ditemukan di jok belakang mobil avanza dan telah diamankan adalah 48 ribu butir obat jenis Hexymer, yang disimpan dalam 2 buah dus berisikan 48 toples, masing-masing toples berisikan seribu butir, pihaknya juga telah mengamankan 1 (satu) buah Handphone merk Infinix warna biru. 1 (satu) unit mobil Avanza warna putih dengan Nopol D-1085-AD.

“Keuntungan yang akan didapat tersangka apabila 48 toples tersebut terjual sebesar Rp. 5,7 jutaan,” ucapnya.

Dijelaskannya, Heximer adalah Obat yang digunakan untuk mengatasi Kejang pada penderita Parkinson (suatu gangguan sistem saraf pusat yang mempengaruhi gerakan) serta sebagai kontrol saat munculnya sindrom, adapun efek samping mengkonsumsi Heximer dapat mengakibatkan penglihatan kabur, gugup, pusing, mulut kering, gangguan saluran pencernaan, retensi urine.

“Pemakaian dalam dosis tinggi bisa mengakibatkan bingung, halusinasi, hilang ingatan, euforia, gelisah dan gangguan jiwa, makanya penggunaanya harus menggunakan resep dokter,” ungkapnya.

Tersangka melanggar UU RI No. 36 tahun 2009, tentang Kesehatan, dan untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya tersangka dapat dijerat dengan Pasal 196 Jo Pasal 197 dengan ancaman hukuman pidana penjara 15 tahun, dan denda paling banyak Rp.1,5 Milyar.

(Nank)

Admin BIN