oleh

Satgas Kamtib Lapas Banjar Razia Kamar Hunian Jelang Nataru

Buletin Indonesia News.com

BANJAR, Jabar – Menjelang Hari Raya Natal dan Tahun Baru, Satgas Kamtib Lapas kelas IIB Kota Banjar melaksanakan deteksi dini gangguan Kamtib guna meningkatkan kewaspadaan keamanan dan ketertiban melalui kegiatan penggeledahan kamar hunian warga binaannya, Jumat malam (17/12/2021).

Kegiatan yang dimulai malam ini sekira pukul 19.00 Wib ini, merupakan langkah progresif yang dilakukan Lapas dalam mewujudkan Lapas Banjar Getting To Zero HALINAR (Handphone, Pungutan Liar, Narkoba).

Secara teknis pelaksanaan kegiatan yang dipimpin langsung oleh Kepala KPLP R.Arif Hermawan dengan jumlah personil 15 pegawai, menyisir bagian – bagian kamar hunian dan lingkungan blok hunian warga binaan.

Pelaksanaan kegiatan tentunya tetap mematuhi protokol kesehatan dalam rangka pencegahan dan penularan Covid-19. Target dan sasaran penggeledahan antara lain alat komunikasi / handphone, senjata tajam, narkoba serta pemeriksaan instalasi kelistrikan ilegal ke kamar hunian.

Arif Hermawan menuturkan hasil pelaksanaan kegiatan penggeledahan tersebut.

“Kami temukan antara lain berupa berbagai potongan kabel listrik, benda – benda tajam seperti paku, kawat, potongan kaca dan gelas kaca,” ungkapnya, Minggu (19/12/2021).

Selanjutnya, temuan hasil penggeledahan tersebut dicatat kemudian disita untuk dimusnahkan.

“Disamping melaksanakan penggeledahan, kami memeriksa bagian – bagian sarana berupa jeruji, gembok dan atap guna mengecek kelayakan dan dipastikan dalam kondisi baik,” terangnya.

Kalapas Banjar, Muhammad Maulana mengungkapkan bahwa Keberhasilan Pemasyarakatan tidak terlepas dari 3 (tiga) kunci Pemasyarakatan Maju yakni deteksi dini ganggunan keamanan dan ketertiban, berantas narkoba, dan sinergitas dengan Aparat Penegak Hukum (APH).

“Kegiatan penggeledahan ini, sebagai salah satu upaya dalam melakukan deteksi dini khususnya dalam menghadapi perayaan Natal dan Tahun Baru 2022,” urainya.

Selain itu, langkah tersebut dikatakannya sebagai upayanya dalam melakukan Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN).

“Tentunya dengan P4GN, diharapkan dapat mewujudkan Lapas Kelas IIB Banjar Getting To Zero HALINAR,” katanya. (Bayu)

News Feed