Satgas Pangan Sidak Pasar Ciamis, Pedagang Mengeluh Sepi Pembeli

Satgas Pangan Sidak Pasar Ciamis, Pedagang Mengeluh Sepi Pembeli

Buletin Indonesia News

CIAMIS, — Pedagang Pasar Ciamis mengeluh sepi pembeli saat Kepolisian Resort Ciamis melakukan Inpeksi mendadak (SIDAK) harga barang di kawasan pasar Ciamis, Rabu (11/12/19). Keluhan para Pedagang ini disampaikan disela-sela Sidak harga kelayakan barang dagangan  sedang berlangsung bersama Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Ciamis, Kodim 0613 Ciamis, Perwakilan Dinas Peternakan Kab. Ciamis, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian,  Bulog, Badan POM, dan Tim Satgas Pangan.

Kapolres Ciamis AKBP. Bismo Teguh Prakoso, S.H., S.IK., M.H mengatakan SIDAK  ini merupakan Kegiatan Operasi Pasar Satgas Pangan Polres Ciamis dalam rangka menghadapi Hari Natal 2019 dan tahun baru 2020. “Dalam Sidak ini kita melibatklan pihak atau Dinas terkait karena sasarannya adalah Kios Pupuk, Kios Beras, Kios Kelontongan, Kios penjualan daging ayam, Kios sayur mayor, penjualan tahu dan tempe, penjualan Ikan Asin, Penjualan Daging sapi dan Baso, penjualan telur Ayam, penjualan Ikan segar, serta melakukan tes hasil temuan ke Mobil BPOM” papar Bismo.

Pihaknya mengatakan, hasil SIDAK ini, penjualan harga bahan pokok rata-rata masih stabil, sementara untuk sayur mayur mengalami sedikit kenaikan. Kendati demikian pasokan bahan pokok masih cukup.

“Kita juga menerima keluhan Pedagang karena dagangan mereka sepi Pembeli, menyita dagangan yang mengandung bahan berbahaya berdasarkan hasil Lab BPOM, Pijer (Borax) di kerupuk dan kue yg berwarna. Pijer ini seharusnya tidak dijual sembarangan karena mengandung zat berbahaya apabila dicampur dengan bahan makanan seperti Kue dan makanan lainnya” ungkap Kapolres.

Bismo berharap, masyarakat agar lebih selektif dalam berbelanja terutama di Pasar Ciamis agar terhindar dari zat-zat berbahaya yang dapat mempengaruhi kesehatan terutama serangan Kanker.

Pantauan di Lapangan, sejumlah Pedagang Pasar Ciamis khususnya di Blok C sudah direlokasi karena sedang ada pembangunan Pasar Ciamis Blok C yang ditargetkan selesai akhir Desember 2019. Tidak tertutup kemungkinan relokasi sementara ini menjadi salah satu faktor  penyebab sepi pembeli. (Agus**)

Admin BIN

%d blogger menyukai ini: