Sebagai Pemateri Pada Acara Intermediate Training HMI Kota Banjar, Ini Yang Disampaikan Kapolres

Buletin Indonesia News.com

Banjar, — Kapolres Banjar AKBP Bayu Catur Prabowo menghadiri sekaligus memberi materi dalam acara Intermediate Training (LK-II) tingkat nasional, yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Kota Banjar. Kegiatan diselenggarakan di Aula Dinas Tenaga Kerja Kota Banjar, Senin (30/01/2023).

Acara Intermediate Training (LK-II) tingkat nasional kali ini mengusung tema “Terbinanya Kader HMI Yang Mempunyai Kemampuan Intelektual Untuk Memetakan Peradaban dan Memformulasikan Gagasan Dalam Lingkup Organisasi”.

Selain dihadiri Kapolres Banjar, hadir pula Wakil Wali Kota Banjar, Kasat Intelkam Polres Banjar, KBO Satuan Intelkam Polres Banjar, Ketua HMI Cabang Kota Banjar, serta perwakilan Kader HMI Indonesia yang lulus seleksi Jurnal sebanyak 25 orang.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres Banjar memberikan pemaparan tentang masalah Kamtibmas sebagai konsep penunjang kesejahteraan bersama. Menurut Kapolres ada beberapa hal yang dapat dilakukan oleh masyarakat guna mendukung terwujudnya Kamtibmas yang kondusif, Guna mencegah kemungkinan terjadinya gangguan Kamtibmas, perlu digiatkan kembali gerakan sadar hukum di masyarakat.

“Seperti kita ketahui, salah satu tugas pokok Polri yaitu memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat. Dimana dalam pelaksanaan tugas-tugas tersebut tentunya untuk menciptakan suasana Kamtibmas di lingkungan tetap aman dan nyaman,” ucap Kapolres Banjar.

Lebih lanjut Kapolres mengatakan, dalam melaksanakan tugasnya polri senantiasa memberikan pelayanan prima bagi masyarakat seperti penegakan hukum dan menjaga keamanan dalam negeri. Untuk melakukannya polisi tidak bisa sendiri, polisi perlu bekerja sama serta membutuhkan dukungan dari berbagai pihak.

“Dimana Polri mampu menjadi pelindung pengayom dan pelayan masyarakat yang selalu dekat dan bersama-sama masyarakat, serta sebagai penegak hukum yang profesional dan proporsional yang selalu menjunjung tinggi supremasi hukum dan hak asasi manusia. Pemelihara Keamanan dan ketertiban serta mewujudkan keamanan dalam negeri dalam suatu kehidupan nasional yang demokratis dan masyarakat yang sejahtera,” paparnya.

Terakhir AKBP Bayu mengajak seluruh peserta Intermediate Training (LK-II) saling berkolaborasi, saling kerjasama dan saling bersinergi.

(Bayu)