Sekda Ciamis Hadiri Sidang Senat Terbuka Universitas Galuh

Buletin Indonesia News.com

CIAMIS, Jabar — Sidang Senat Terbuka Universitas Galuh Pengukuhan Guru Besar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Prof. Dr. Dadi, M.Si sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Ekologi di Aula Auditorium Unigal Ciamis, Jawa Barat, pada Senin (13/03/2023).

Bupati Ciamis Herdiat Sunarya melalui Dr. H. Tatang M.Pd., selaku Sekda Kabupaten Ciamis mengatakan, bahwa ia merasa bahagia karena saat ini FKIP Unigal memiliki dua orang yang mencapai gelar guru besar.

“Saya merasa bahagia karena saat ini Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan memiliki 2 orang guru besar atau profesor, kita meyakini bersama guru besar sangat berperan dalam menjaga dan meningkatkan kualitas kewibawaan akademik perguruan tinggi, serta dipandang sebagai sosok mumpuni dalam komunitas akademik yang akan menjaga pemahaman bidang keilmuan tertentu,” kata Tatang.

“Pencapaian guru besar ini bukan saja merupakan capaian pribadi sebagai seorang dosen, namun juga menjadi capaian Universitas yang sangat penting,” sambungnya.

Tatang menuturkan, dengan diraihnya gelar guru besar harus menjadi inspirasi bagi kaum cendikiawan dan menunjukan bahwa Kabupaten Ciamis dapat bersaing dengan Kabupaten/Kota lainnya.

“Acara pengukuhan hari ini harus dapat menjadi inspirasi bagi seluruh cendikiawan, untuk senantiasa meningkatkan kualitas diri, kualitas penguasaan ilmu pengetahuan serta kualitas sumbangsih kepada masyarakat. Kita tunjukan bahwa kita punya potensi besar untuk maju, bersaing dengan daerah dan bangsa lain, untuk itu kita perlu lebih banyak lagi lahir profesor-profesor muda untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Ciamis,” tuturnya.

Tatang mengharapkan banyak guru-guru besar yang lahir di Perguruan Tinggi Ciamis. Ia juga ingin menunjukan Ciamis unggul dalam bidang pendidikan.

“Diharapkan semakin banyak lahir para guru besar di Perguruan Tinggi yang ada di wilayah Kabupaten Ciamis. Mari kita tujukan bawa Kabupaten Ciamis memiliki potesi yang unggul di bidang pendidikan,” harapnya.

Tatang juga berharap, dengan adanya Guru Besar di Unigal dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat agar memilih Unigal untuk meneruskan pendidikan anak-anaknya.

“Saya berharap dapat berdampak langsung terhadap peningkatan kepercayaan masyarakat untuk memilih Unigal sebagai tempat anak-anaknya menempuh ilmu, jangan ada keraguan lagi bagi generasi muda untuk kuliah di Unigal. Dengan hadirnya guru besar ke dua di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, diharapkan bisa mendongkrak kualitas lulusannya. Sehingga mampu bersaing dengan lulusan universitas terkemuka lainnya. Semoga apa yang sudah di capai saat ini menjadi kemaslahatan bagi Universitas Galuh dalam mengemban tugas-tugas pendidikan dan keilmuan,” tambahnya.

Tatang mengucapkan selamat kepada Prof. Dr. Dadi, M.Si yang telah meraih gelar Guru besar.

“Atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ciamis, Dengan penuh kebangaan, saya ingin memberikan selamat dan apresiasi atas dikukuhkannya saudara Prof. Dr. Dadi, M.Si sebagai guru besar bidang ilmu ekologi pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Galuh,” ucapnya.

Acara tersebut dihadiri oleh Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) wilayah IV Jawa Barat dan Banten, Ketua Yayasan Universitas Galuh, Ketua dan sekretaris Senat Universitas Galuh, serta para dosen dan segenap civitas akademik Universitas Galuh.

(Reporter : *Arrizal Adam Gunawan Putra)