oleh

Sekda Ciamis : IPEMI Harus Lebih Bersinergi Dengan Pemerintah

Buletin Indonesia News.com

CIAMIS, Jabar — Pengurus Daerah (PD) Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (IPEMI) Kabupaten Ciamis, menggelar acara dalam rangka menerima kunjungan kerja Ketua Pengurus Wilayah (PW) IPEMI Jawa Barat, Hj. Irma Bastaman dan Sosialisasi 9 Program Nasional di Kabupaten Ciamis, Senin (06/12/2021) di Gedung Puspita Ciamis.

Adapun yang hadir dalam acara tersebut, Sekertaris Daerah Kabupaten Ciamis, H. Tatang, Ketua Tim Penggerak Program Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Ciamis, Hj. Kania Herdiat Sunarya, Ketua IPEMI Ciamis, Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW), Kepala Disperindagkop/UMKM, PD dan anggota IPEMI Kabupaten Ciamis serta undangan lainnya.

Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya dalam sambutannya yang dibacakan Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten Ciamis, H. Tatang sangat mengapresiasi IPEMI yang merupakan wadah bagi para pengusaha muslimah di Indonesia. IPEMI yang didalamnya terdapat para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Pemerintah Kabupaten Ciamis selama tahun 2021 telah berupaya memberikan pembinaan, pendampingan dan fasilitas usaha untuk UMKM di Kabupaten Ciamis.

“Ini merupakan salah satu langkah agar para pelaku UMKM di Kabupaten Ciamis mampu mengatasi kendala yang dihadapinya,” katanya.

Dijelaskan Bupati, berbagai kendala yang dihadapi para pelaku UMKM diantaranya, fasilitas akses permodalan perbankan, bimbingan teknis dalam masalah perizinan produk, pemasaran produk berbasis digital, kemitraan dengan toko modern.

“Dengan melakukan pendampingan dan pembinaan kepada UMKM, diharapkan kegiatan UMKM di Ciamis akan lebih maju, berkembang dan mampu bertransformasi menjadi usaha formal, sehingga bisa mewujudkan visi misi Kabupaten Ciamis,” jelasnya.

Untuk mewujudkan itu semua diperlukan sinergitas antar pemangku kepentingan dalam pemberdayaan dan pembinaan UMKM sangat diperlukan untuk mendukung pertumbuhan usaha UMKM. Bupati juga memberikan apresiasi dan terima kasih kepada IPEMI yang telah bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Ciamis.

Sekda Kabupaten Ciamis, H. Tatang ketika diwawancara seusai acara menambahkan kegiatan IPEMI tersebut sangat luar biasa pihaknya juga sangat mengapresiasi atas kedatangan Ketua IPEMI Jabar di Kabupaten Ciamis.

“Saya harap kedatangan IPEMI Jabar ini bisa memberikan dorongan dan motivasi bagi pelaku UMKM khususnya pengusaha muslimah di Kabupaten Ciamis,” ungkapnya.

Melalui Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM (Disperindagkop) yang sudah mulai melaksanakan berbagai kegiatan agar usaha UMKM makin berkembang.

“Semoga gayung bersambut, nantinya pelaku UMKM yang ada di Kabupaten Ciamis didorong oleh Pemkab Ciamis melalui Disperindagkop yang berkerjasama dengan IPEMI Jabar agar lebih maju, lebih berkembang,” harapnya.

Ketua IPEMI Jawa Barat, Hj. Irma Bastaman sangat mengapresiasi IPEMI Kabupaten Ciamis, menurutnya keberadaan IPEMI di Kabupaten Ciamis dapat diterima masyarakat. Bisa dilihat acara ini dihadiri pa Sekda, Ibu Bupati, Ketua GOW, anggota IPEMI nya juga banyak yang hadir, ini berarti sinergitas IPEMI dengan pemerintahan berjalan dengan baik, Ciamis memang luar biasa.

“Keberadaan IPEMI semoga dapat memberikan manfaat khususnya dalam pemberdayaan ekonomi bagi masyarakat,” ucapnya.

Irma juga berharap kedepanya IPEMI di Kabupaten Ciamis saat ini sudah ada di tingkat kecamatan, kedelannya bisa sampai ke unit desa-desa yang ada

“Kalau IPEMI sudah ke tingkat unit di desa, nantinya para pengusaha muslimah yang ada di desa bisa kita upgrade, bisa dibina untuk memajukan usaha-usahanya,” jelas Irma.

Dijelaskannya, kalau pengusaha muslimah tidak berbaur dan bersatu maka akan terpecah, untuk itulah adanya IPEMI untuk mempersatukan para pengusaha muslimah yang ada, dari mulai desa sampei ke provinsi.

“Semua harus bersatu karena bersatu kita maju bersama kita bisa. Dengan adanya satu kesatuan atau satu ikatan kita akan semakin besar,” ungkapnya.

Sementara itu Ketua PD IPEMI Kabupaten Ciamis, Ega Haryati merasa bersyukur atas kunjungan Ketua PW IPEMI Jabar tersebut, yang dihadiri para pejabat terkait di lingkup Kabupaten Ciamis.

“Alhamdulilah kunjungan PW IPEMI Jabar sangat berarti bagi kami, sehingga dapat memotivasi para PD IPEMI di Kabupaten Ciamis agar lebih maju dan lebih solid lagi,” ucapnya.

Dirinya berharap IPEMI Ciamis yang sudah berusia 5 tahun semakin maju dan sukses tentunya dengan 9 Program Nasional. (Nank Irawan)

News Feed