Selain Jadi Penyedap Masakan, Inilah Manfaat Daun Kunyit Untuk Kesehatan

Buletin Indonesia News.com

CIAMIS, Jabar — Indonesia dikenal sebagai ladangnya tanaman herbal. Berbagai jenis tumbuhan obat bisa ditemukan dengan mudah, baik di pasar tradisional maupun supermarket. Bahkan, kamu pun bisa menanam sendiri di halaman rumah. Dengan cara perawatan yang mudah, kamu bisa memiliki stok obat alami untuk berbagai masalah kesehatan.

Salah satu tanaman obat yang terkenal dengan khasiatnya adalah daun kunyit. Ya, mungkin selama ini kamu kerap memanfaatkan kunyit sebagai sumber penyedap makanan ataupun pewarna alami. Namun, jangan buru-buru membuang daun kunyit ya. Pasalnya ada banyak kebaikan yang bisa diperoleh tubuh di dalamnya.

Kunyit, yang memiliki nama biologis Curcuma longa, telah lama digunakan di India sebagai bagian dari pengobatan Ayurveda, juga dalam pengobatan Tiongkok selama ribuan tahun, untuk mengobati berbagai kondisi kesehatan.

Daun kunyit dibudidayakan dan digunakan secara luas di Asia Selatan. Khasiat daun ini terkenal dengan zat antiseptik dan antikarsinogeniknya. Sama seperti versi bubuknya, bahan aktif yang terdapat dalam daun ini adalah kurkumin yang merupakan zat antioksidan kuat.

Penelitian juga menunjukkan bahwa kurkumin berfungsi untuk banyak sekali persinyalan molekul, seperti untuk menjaga kelangsungan hidup sel, pengatur siklus sel, dan masih banyak lagi. Dalam studi lain, kurkumin terbukti meningkatkan aktivitas antijamur azole dan polyene. Dalam beberapa sistem kultur sel, kurkumin telah terbukti memiliki aktivitas anti-virus.

Berikut beberapa manfaat dari daun kunyit :

  • Menyehatka organ Pencernaaan

Daun kunyit dapat meningkatkan pencernaan dan mengurangi masalah gas dan kembung. Kandungan curcumin dijelaskan dapat memicu produksi empedu, yang merupakan salah satu komponen utama pencernaan. Sehingga, dapat membuat pencernaan menjadi lebih lancar.

  • Menjaga Kesehatan Kulit wajah

Ramuan ini akan membantumu untuk menjaga kulit agar tetap lembut, halus, dan bercahaya. Bintik hitam pada kulit wajah juga bisa teratasi dengan kandungan yang terdapat di dalam daun kunyit.

  • Sebagai Obat Antiinflamasi

Karena sifat kurkumin sebagai antiinflamasi atau anti-peradangan, khasiat daun kunyit terbukti bermanfaat bagi penderita osteoarthritis dan rheumatoid arthritis.

Menurut para ahli, senyawa bioaktif kurkumin dapat membantu meringankan rasa sakit.

Uji klinis menunjukkan kurkumin berpotensi sebagai agen terapeutik pada penyakit seperti radang usus, pankreatitis, radang sendi, dan uveitis anterior kronis (salah satu penyakit mata), serta jenis kanker tertentu.

  • Menambah Kekebalan Tubuh

Pasalnya, daun kunyit memiliki kandungan antimikroba yang memiliki peran penting untuk menghalau berbagai radikal bebas yang akan masuk ke dalam tubuh. Selain itu, kandungan ini juga berfungsi efektif memperbaiki segala proses pertumbuhan dalam tubuh.

  • Sebagai Antiseptik

Khasiat daun kunyit juga sebagai zat antiseptik. Kurkumin yang merupakan komponen bioaktif dari kunyit juga dikemas dengan sifat antiinflamasi, antibakteri dan antivirus yang meningkatkan penyembuhan.

Untuk menggunakannya sebagai antiseptik, ambil beberapa lembar daun kunyit, hancurkan, tambahkan sedikit air secara bertahap dan hingga menjadi pasta.

Itulah beberapa manfaat dari daun kunyit yang harus kamu ketahui, dan tentunya masih banyak lagi. Yuk manfaatkan dayn kunyit sebaik-baiknya.