oleh

Selain Perbanyak Kuantitas, Sepatu Kulit Jim Joker Juga Pertahankan Kualitas Selama 4 Dekade

Buletin Indonesia News.com

SURABAYA, Jatim- Brand Jim Joker mungkin sudah tidak asing lagi di telinga para kaum adam, apalagi mereka yang tinggal di Surabaya, Jawa Timur. Karena Jim Joker merupakan pelopor sepatu kulit lokal untuk pria yang sudah ada sejak tahun 1980.

Bermula dari toko tradisional yang ada di Jawa Timur, brand ini perlahan-lahan terus berkembang ke daerah lain yang ada di tanah air. Produk kulit sendiri selalu menjadi identitas dari Jim Joker, karena materialnya yang terasosiasi dengan kualitas baik.

Identitas brand Jim Joker sendiri terbentuk karena adanya konsistensi dai brand dalam pembuatan produk kulit sehingga menjadi produsen dari alas kaki kulit yang berkualitas. Dengan banyaknya produk alas kaki seperti sandal, boots, sepatu formal sampai sneakers berbahan kulit, Jim Joker selalu menjadi pilihan andalan bagi para konsumen yang ada di mana pun dan kapan pun.

Hasil yang brand ini tuai bukanlah melalui waktu yang singkat. Karena semuanya membutuhkan waktu 4 dekade hingga akhirnya Jim Joker  mendapatkan penghargaan berharga dalam ajang bergengsi di Top Award 2022 kategori boots kulit yang disandingkan dengan brand internasional seperti Crocodile dan Playboy Footwear.

Awalnya, Sutrisno Suwargo merintis bisnis home industry pembuatan sandal dan sepatu kulit dengan pegawai kurang dari 10 orang di daerah Lebak Arum, Surabaya. Produknya pun pada awalnya hanya di distribusikan ke pasar-pasar tradisional saja.

Namun seiring berjalannya waktu dan berkembangnya brand, Jim Joker berekspansi ke 500 pasar modern juga department store di berbagai kota. Tentu saja itu semua dilakukan karena meningkatnya permintaan konsumen dan menjadikannya dikenal sebagai salah satu brand sepatu kulit terbaik di Indonesia era 90-an.

Perkembangan teknologi juga menuntut Jim Joker untuk terus bertumbuh dan tetap relevan di mata pelanggan. Hubungan baik yang terjalin pada dekade-dekade sebelumnya dan penyesuaian strategi bisnis menjadi bekal Jim Joker untuk melakukan ekspansi dari pasar ke ranah digital. Oleh karenanya, kini Jim Joker memiliki toko online yang semakin mempermudah konsumen menjangkau brandnya.

Brand Jim Joker sendiri identik dengan material genuine leather, dengan desain yang modern, elegan, inovatif, dan berkelanjutan. Sedangkan pada bagian outsolenya terbuat dari rubber yang tangguh, dan menjadikan alas kaki ini dikenal sebagai produk yang berkualitas tinggi dan awet dipakai.

Untuk varian boots Jim Joker yang banyak diminati adalah ankle boots ARMY 1BA dengan look klasik dan HOOD 1BG berbahan nubuck yang trendi. Karakternya yang kuat sebagai alas kaki yang bisa diandalkan di segala medan namun tetap karismatik saat dipakai seharian ini menjadikan kedua produk ini banyak diminati.

Hanya saja, setiap usaha pasti memiliki kendala masing-masing. Seperti Jim Joker yang harus menghadapi tantangan yang cukup berat, khususnya persaingan dengan brand non-leather yang menawarkan harga lebih murah namun meniru model-model dari brand Jim Joker. Walaupun begitu dengan kualitas yang terus dipertahankan, para pembeli seakan tidak dapat berpaling. Itulah yang membuat brand ini berusaha terus membuat desain yang up to date dan menjaga kualitas.

Komitmennya kepada para pelanggan setia adalah akan memberikan layanan terbaik dan mumpuni di setiap lini. Ada pula target yang ingin dicapai oleh Jim Joker adalah menjadi brand sepatu kulit unggulan yang bisa mencapai kancah internasional.