oleh

Selalu Terlihat Gelap: Apakah Pengiritan Dana BOS?

www.buletinindonesianews.com

Sampang, Jatim  — Dana BOS telah menjadi kebijakan ke-3 dari konsep Merdeka Belajar yang sudah diluncurkannya pada akhir 2019 yang lalu.

Dalam penggunaan dana BOS Reguler, pembiayaan administrasi kegiatan sekolah harus digunakan untuk pembiayaan operasional rutin sekolah dan kegiatan pengembangan lainnya.

Namun hasil pantauan awak media dilapangan Sabtu (14/08/2021) telah memukan yang diduga kelalaian atau bisa juga kesengajaan dari pihak kepala UPTD beserta jajarannya, disalah satu wilayah Kecamatan Banyuates Sampang. Contoh sorotan oleh masyarakat dan elemen setempat lainnya kepada UPTD SDN 1 NEPA, yang terlihat bernuansa gelap disaat malam hari. Dan itu selalu terjadi sebelum berita ini terbit.

Menurut salah satu tokoh muda desa setempat (inisial S), dengan hal tersebut sungguh menyayangkan, karena selain merusak pemandangan juga bisa rawan keamanannya terhadap fasilitas sekolah. Yang imbasnya bisa merugikan murid dan pemerintah nantinya. Iya toh.. dengan mimik rada kecewa.

Lanjut S, karena sudah diketahui bersama bahwa pembiayaan penyelenggaraan kegiatan keamanan dan kebersihan sekolah masuk kekategori 14 fungsi Dana BOS. Sudah jelas biaya penerangan atau listrik masuk didalamnya. Katanya.

Ditempat yang berbeda (via WhatsApp) kepala Korbiddikcam kecamatan Banyuates Ahmad Dahlan, menjelaskan bahwa itu adalah ranah dari pihak sekolah. Dan tidak terjadi pada semua UPTD di Banyuates. Namun saya akan segera menindaklanjuti dan mengingatkan ke pihak UPTD tersebut (SDN NEPA 1).

Agar tidak menjadi sorotan negatif dan tidak menjadi contoh buruk kepada UPTD yang lain di wilayah Banyuates, serta demi kredibilitas Dinas Pendidikan kabupaten Sampang. Dan Terima kasih juga disampaikan kepada awak media atas temuan dan pantauannya, sekaligus buat koreksi positif buat kami. Tuturnya secara bijak dan singkat.

(dRe)

Editor : Neneng Tsamrotussa’adah

News Feed