oleh

Sidang Panitia Pertimbangan Landreform (PPL) Memberikan Kepastian Hukum Kepada Masyarakat Pemilik Tanah

Buletin Indonesia News.com

Sungailiat Bangka, — Sidang dan rapat Panitia Pertimbangan Landreform (PPL) yang dilaksanakan oleh Kantor ATR/BPN Kabupaten Bangka, di buka langsung Bupati Bangka Mulkan SH.MH dilaksanakan di Hotel Novilla, Sungailiat, Senin (21/11/2022).

Di hadiri Sekda Bangka Andi Hudirman, dan Kapolres Bangka AKBP Indra Kurniawan, Kepala Kantor ATR/BPN Bangka Ali Ridlo, Kadis PUPR Kabupaten Bangka Ismir Rachmaddinianto, Kadis Pertanian dan Peternakan Kabupaten Bangka Syarli Nopriansyah serta Kepala Desa Riding Panjang serta undangan lainnya.

Rapat membahas tentang pertimbangan Landreform seleksi objek dan subjek sertifikat retribusi tanah yang ada di Kabupaten Bangka. Yang menjadi fokus sidangnya adalah tanah yang ada di Desa Riding Panjang Kecamatan Belinyu.

Kepala kantor ATR/BPN Kabupaten Bangka Ali Ridlo mengatakan, “Sidang ini sudah dilakukan untuk yang kedua kalinya. Untuk retribusinya dan menargetkan 1.500 bidang tanah di Kabupaten Bangka,” kata Ali Ridlo.

“Sidang tahap pertama dilaksanakan 27 September yang lalu. Ini untuk ke dua kalinya Untuk retribusi Kabupaten Bangka tagetnya, 1500 bidang, 570 sudah sidang. Yang tahap 2 ini sebanyak 933 bidang, hanya satu desa di Riding Panjang Belinyu yang akan disidangkan pada hari ini. Redistribusi adalah bagian dari reformagraria yang dibagi menjadi dua yaitu legalisasi aset dan penataan akses tanah,” jelas Ali Ridlo.

Sementara ditempat yang sama Bupati Bangka Mulkan mengatakan, dengan adanya redistribusi untuk kepemilikan surat tanah, maka memberikan suatu kepastian hukum kepada masyarakat yang memiliki tanah.

“Karena dengan adanya kepemilikan ini memberikan kepastian hukum untuk masyarajat kita. Jadi tidak ada lagi sengketa-sengketa dengan adanya sartifikat tanah ini,” ujar Mulkan.

(WAWAN)