oleh

SIPUTRA, Bentuk Perkuatan Sinergitas Perusahaan dengan Pemerintah

www.buletinindonesianews.com

CIAMIS, Jabar — Aplikasi SIPUTRA merupakan bentuk perkuatan sinergitas antara perusahaan dengan pemerintah sebagai solusi untuk menurunkan angka pengangguran, hal itu diungkapkan Asda Bidang Pemerintahan, Ika Darmaiswara saat menghadiri Forum Group Discussion (FGD) yang bertemakan Strategi Penurunan Pengangguran dengan Aplikasi SIPUTRA di Aula UPTD Disnaker Kabupaten Ciamis, Selasa (07/09/2021).

Aplikasi SIPUTRA yang diperuntukan bagi para pencari kerja itu merupakan salahsatu upaya Pemkab Ciamis untuk menurunkan angka pengangguran dan meningkatkan sumber daya manusia (SDM), aplikasi tersebut tercipta atas kerjasama Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Ciamis dengan sejumlah perusahaan.

“Adanya aplikasi SIPUTRA ini merupakan bentuk perkuatan sinergitas antara perusahaan dengan pemerintah sebagai solusi untuk menurunkan angka pengangguran, karena dalam aplikasi yang bisa dibuka melalui handphone dan kumputer itu terdapat informasi lowongan pekerjaan di sejumlah perusahaan,” ungkapnya.

Dijelaskannya, saat ini aplikasi tersebut masih dalam tahap penyempurnaan sambil menunggu masukan-masukan guna pemutakhiran fitur, SIPUTRA direncanakan mulai aktif secara online diberbagai browser pada Desember 2021, baik dalam versi aplikasi di handphone maupun komputer.

“Saya ucapkan banyak terimakasih baik kepada pihak Disnaker juga para perusahaan karena ini merupakan proyek perubahan dan perjanjian kerjasama yang saling menguntungkan antar pihak dengan segala kemudahan yang ditawarkan,” jelasnya.

Kadisnaker, Asep Dedi Hendriana menjelaskan, inovasi SIPUTRA hanyalah aplikasi yang sifatnya sebuah wadah sehingga outputnya diharapkan antara data para pencari tenaga kerja dapat muncul berikut biodatanya. “Jadi para pengusaha yang membutuhkan tenaga pekerja juga dapat muncul dalam aplikasi tersebut sehingga adanya kesinambungan keterkaitan,” terangnya.

Menurut Asep Dedi, inovasi tersebut merupakan terobosan baru yang ada di Kabupaten Ciamis dan pengembangannya bukan hanya saat ini saja. Kedepannya hasil dari inovasi ini akan melibatkan banyak steakholder untuk menekan angka pengangguran di Kabupaten Ciamis.

“Jangan sampai pandemi ini dijadikan sebuah alasan, kita harus tetap berinovasi terus meningkatkan pembangunan,” tegasnya.

Direncanakan, setelah selesainya pemutakhiran aplikasi SIPUTRA, pihaknya akan membuat terobosan dalam bidang pelayanan pembuatan kartu tanda pencari kerja (AK 1) dengan menampilkan tanda tangan digital, sehingga pelayanan pembuatannya akan lebih cepat, mudah dan praktis.

Asep Dedi juga memaparkan, beberapa minggu lalu pihaknya telah bekerjasama dengan perusahaan di Majalengka dan sudah berhasil menyalurkan para pencari pekerjaan. “Mereka sudah dapat berkerja dan sebagian lainnya sedang pada tahap tes kesehatan,” jelasnya.

Sementara Kepala Bappeda Kabupaten Ciamis, Aef Saepuloh menambahkan, aplikasi SIPUTRA merupakan salah satu terobosan Pemkab Ciamis melalui Disnaker sebagai salah satu realisasi dari janji politik Bupati Ciamis dalam menurunkan angka pengangguran di Kabupaten Ciamis. (Nank Irawan*)

News Feed