oleh

Situs Kyai Malang Karsa Butuh Perhatian Pemkab

www.buletinindonesianews.com

CIAMIS, Jabar — Desa Karangampel memiliki warisan budaya bersifat kebendaan, berupa benda cagar budaya, bangunan cagar budaya, struktur cagar budaya, situs cagar budaya dan kawasan cagar budaya, salah satunya adalah Situs Budaya Kabuyutan Galuh Bojongloa (Situs Kyai Malang Karsa) yang terletak di Dusun Barugbug RT 03 RW 10 Desa Karangampel, Kecamatan Baregbeg Ciamis.

Saat ditemui di kantornya pada hari Selasa (07/09/2021), Kepala Desa Karang Ampel, H. Ahmad Hidayat mengatakan, situs yang ada di Karangampel termasuk situs Malang Karsa itu merupakan satu kesatuan yaitu Situs Bojongloa, situs tersebut memang sudah diakui oleh tingkat kecamatan, kabupaten bahkan dari Unigal sudah ada penelitian.

“Situs Kyai Malang Karsa merupakan situs bersejarah peninggalan dari kerajaan Galuh, sementara ini kami tetapkan sebagai situs religi,” katanya.

Untuk biaya perawatan dan pemeliharaan situs tersebut didapat dari swadaya masyarakat karena dari pihak pemerintah belum ada bantuan anggarannya, kecuali jalan-jalan yang menuju situs dibangun dan di cor menggunakan anggaran dana desa (ADD).

“Kedepan nya akan kami buatkan akta notaris nya agar dapat bantuan juga dari pusat, semoga ada perhatian juga dari Pemkab Ciamis dan stakeholder terkait untuk pembangunan Situs Malang Karsa ini” jelasnya.

Dijelaskan Ahmad, untuk sementara Situs Budaya Kabuyutan Galuh Bojongloa (Situs Kyai Malang Karsa) itu termasuk situs wisata religi, karena kebanyakan yang datang untuk berziarah, bahkan kegiatan yang rutin dilaksanakan disitus tersebut berupa adat ritual yang dilaksanakan 1 tahun sekali pada hari Senin terakhir sebelum bulan Ramadhan, namanya Mupunjung yang artinya mengunjungi orang yang dituakan atau yang orang yang dihormati, tradisi tersebut sudah dilaksanakan sejak dulu secara turun temurun.

“Mupujung dilaksanakan setahun sekali menjelang dilaksanakannya ibadah puasa, kita melaksanakan tahlilan, berdoa bersama,” tegasnya.

Hal senada diungkapkan, Kepala Dusun (Kadus) Barugbug, Tatang menurutnya berdasarkan cerita rakyat secara turun temurun, Kyai Malang Karsa merupakan salah seorang utusan Sultan Agung Hanyokro Kusumo untuk menhajarkan dan menyebarkan syariat agama islam di Bojong Loa, beliau berasal dari Kota Malang Jawa Timur, setelah meninggal lalu dimakamkan di Barugbug.

“Sampai saat ini namanya tetap harum, dikenang, dihormati dan semua peninggalan nya juga tetap dilestarikan oleh masyarakat Barugbug dari generasi ke generasi, termasuk Situs Malang Karsa Bojongloa atau Barugbug ini,” tambahnya.

Situs Malang Karsa merupakan aset bersejarah yang ada di Karangampel, untuk itu pihaknya berharap agar Pemerintah Kabupaten Ciamis memberikan perhatian terhadap potensi sejarah dan nilai budaya yang ada di wilayah Desa Karangampel ini. (Nank Irawan*)

News Feed