Sosialisasi Fungsi dan Tugas BPK dan DPR di Ciamis, Sekda: Kecurangan Dalam Pengelolaan Keuangan Menjadi Perhatian

Buletin Indonesia News.com

CIAMIS, Jabar- Sosialisasi Fungsi dan Tugas BPK dan DPR Dalam Pemeriksaan Pengelolaan dan Tanggung Jawab Keuangan Negara di gelar di Aula Gedung KH. Irfan Hielmy Islamic Center, pada Kamis (23/02/2023).

Dr. H. Tatang., M.Pd., mengatakan bahwa semangat reformasi di Kabupaten Ciamis masih berjalan dengan dinamis dan harus dapat dimaknai.

“Semangat reformasi sampai saat ini masih tetap berjalan secara dinamis dan kita harus dapat memberikan makna sebagai upaya untuk membangun tata kelola pemerintah dan tata pengelolaan keuangan daerah yang menerapkan prinsip transparansi dan akuntabilitas dalam rangka menuju pemerintah yang baik dan bersih,” katanya saat memberikan sambutan.

“Hal tersebut dapat diraih apabila seluruh organisasi perangkat daerah khususnya jajaran pimpinan perangkat daerah melakukan pengendalian atas keseluruhan proses pengendalian uang,” sambungnya.

Tatang menuturkan, kecurangan yang terjadi dalam melakukan pengelolaan uang harus menjadi perhatian. Ia juga berharap, pembangunan daerah tetap berada di jalan yang benar.

“Disisi lain pengendalian kecurangan dalam pengelolaan keuangan daerah menjadi hal yang sangat penting dan harus diperhatikan, supaya penyelenggaraan Pemerintah Daerah (Pemda) serta pembangunan daerah selalu berada di jalur yang benar dan sesuai dengan visi misi Bupati dan Wakil Bupati,” tuturnya.

Tatang menjelaskan, Kabupaten Ciamis berhasil meraih opini WTP selama 9 tahun berturut-turut. Ia juga mengharapkan agar di tahun 2022 pemeriksaan APBD Kabupaten Ciamis dapat meraih opini WTP kembali.

“Pemerintah Kabupaten Ciamis berhasil selama 9 tahun berturut-turut mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dan tentunya berharap di tahun 2022 pemeriksaan APBD tahun anggaran 2022 bisa kembali meraih opini WTP,” jelasnya.

Tatang mengharapkan, digelarnya sosialisasi dapat menambah ilmu dan wawasan dalam mengelola keuangan.

“Dengan adanya kegiatan sosialisasi ini, tentunya menjadi keberuntungan bagi Kabupaten Ciamis dan semoga apa yang nanti disampaikan oleh narasumber dapat memberikan ilmu dan tambahan wawasan bagi kita,” harapnya.

Tatang juga mengucapkan terimakasih kepada anggota komisi DPR RI Didi Irawadi. SH., L.LM., dan Kepala BPK RI Perwakilan Provinsi Jawa Barat Paula Henry Simatupang, S.E., M.Si., karena telah memilih Kabupaten Ciamis untuk menyelenggarakan Sosialisasi tersebut.

(Reporter: *Tegar Anjar Abadi)