oleh

Sosialisasi PAUD Berbasis Data dan Merdeka Mengajar di Buka Bupati Bangka Mulkan SH.MH

Buletin Indonesia News.com

Sungailiat Bangka, — Sosialisasi Kelembagaan dan Manajemen PAUD Perencanaan Berbasis Data (PBD) Platform Merdeka Mengajar (PMM) Kabupaten Bangka tahun 2022 yang dilaksanakan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah raga Kabupaten Bangka digelar Hotel Manunggal Sungailiat, Senin (14/11/2022)

Hadir pada sosialisasi tersebut, Bupati Bangka Mulkan, SH, MH, Kadis Dindikpora Rozali Romkad, SH, Ketua IGTKI, Ketua APSI, Ketua IPI. Para Pengawas TK, Penilik PAUD Kabupaten Bangka, 240 orang Bunda Desa dan Bunda Kelurahan dari 8 kecamatan.

Bupati Bangka Mulkan, SH, MH mengucapkan terima kasih pada saat pembukaan acara Sosialisasi Kelembagaan dan Manajemen PAUD Perencanaan Berbasis Data (PBD) Platform Merdeka Mengajar (PMM) tahun 20 dan memberikan apresiasi serta Penghargaan yang setinggi-tingginya kepada kepala sekolah dan guru-guru PAUD yang telah berkomitmen bersama dalam mencerdaskan anak-anak didik yang ada di Kabupaten Bangka.

“Perhatian pemerintah kepada anak-anak terutama pada 1000 hari pertama kehidupan, itu harus benar-benar diperhatikan. Ini supaya anak-anak kita tidak ada hambatan dalam tingkat kecerdasannya,” ucap Mulkan.

“Ini merupakan tugas kita bersama selaku pelayan masyarakat. Kami sangat menyadari karena tugas dan tanggung jawab guru-guru PAUD ini sangat berat di dalam mendidik anak-anak kita. Bahkan mengajar anak-anak kita memiliki rasa kasih sayang terhadap orang tua, terhadap teman dan ibu-ibu dihadapi tugas-tugas yang berat, beda dengan anak-anak SD hingga tingkat SMA,” ujar Mulkan.

lanjutnya, “Mengajar PAUD deda dengan TK, kalau TK Nol besar mungkin mereka sudah ada kemandirian. Tapi kalau PAUD, tugas yang sangat berat yang dihadapi para guru-guru saat ini. Karena kita menjadi orang tua kedua yang dititipkan amanah oleh para orang tua wali murid. Mulai dia datang, harus disambut dengan baik, setelah itu mereka akan masuk ke ruangan kelas dipandu, sampai nanti ada hal-hal, sampai mau pipis, mau buang air besar, bahkan kadang-kadang, ya kalau dia bisa menyampaikan ke gurunya tapi kalau tidak gimana,” ujar Mulkan.

Mulkan, sangat berterima kasih atas berat tugas guru-guru yang ada di PAUD, karena menghadapi tugas tadi. Jangan mudah mengeluh, karena itulah tugas kita bagaimana mencerdaskan anak bangsa ini dari usia dini. Bahkan perhatian dari pemerintah pusat kepada masyarakat, 1000 hari anak-anak harus kita perhatikan.

“Tujuan kita agar anak-anak kita tidak ada hambatan dan kendala di dalam tingkat kecerdasan, kalau anak kita cukup makanan bergizi, Jadi tugas kita bersama sampai umur 2 tahun,” terangnya.

Ditempat yang sama Kepala Dinas dikpora Kabupaten Bangka Rozali Romkad, SH, mengutarakan “Dengan adanya kegiatan ini pertama bisa untuk dapat berinteraksi dengan para guru-guru PAUD di Kabupaten Bangka. Ini merupakan salah satu kami memperhatikan guru-guru kita, supaya guru-guru kita bisa saling tukar pendapat, saling berdiskusi dalam memfasilitasi semua hal termasuk kegiatan seminar pada hari ini,” ucap Rozali.

Dikatakannya, “Sekali lagi atas nama Dindikpora Kabupaten Bangka memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada guru-guru yang telah memberikan sumbangsih yang nyata dalam upaya mencerdaskan anak bangsa ini. Agar pendidikan kita dapat bersaing secara berkualitas,” jelas Rozali.

(WAWAN)