oleh

Sosialisasikan Penerapan ETLE di Kota Banjar, Ini Penjelasan Kasatlantas

Buletin Indonesia News.com

Banjar, — Personil satlantas polres Banjar, mulai melakukan sosialisasi penerapan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE). Sosialisasi dilakukan personil kepada pengguna jalan di beberapa ruas jalan di kota Banjar, (10/01/2023).

Anggota satlantas polres Banjar melakukan sosialisasi ETLE kepada pengguna jalan, saat ini penerapan ETLE sudah diberlakukan di kota Banjar. Secara mobile pemahaman tentang tilang elektronik dilakukan petugas kepada para pengguna jalan.

Dalam keterangan persnya Kapolres Banjar AKBP Bayu Catur Prabowo, melalui Kasat Lantas Polres Banjar AKP Asep Saepuloh menuturkan, tujuan dari pelaksanaan ETLE ini merupakan upaya Polri dalam meningkatkan keamanan pengguna jalan.

“Semoga dengan adanya sosialisasi ini bisa meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang ETLE, dan juga masyarakat semakin tertib berlalu lintas agar dapat membantu menurunkan angka laka Lantas, serta mendukung pihak kepolisian satlantas polres Banjar, ” ucap Asep.

Asep mengatakan dengan teknologi elektronik, proses penindakan hukum pelanggar lalu lintas bisa dilakukan dengan lebih cepat dan mudah, yaitu dengan memanfaatkan kamera ETLE yang aktif 24 jam penuh.

Lebih lanjut Asep menjelaskan sesuai undang-undang yang berlaku sanksi bagi pelanggar tilang elektronik atau ETLE berupa pembayaran denda. Nantinya pemilik kendaraan yang melanggar akan mendapatkan surat konfirmasi tilang elektronik dan kesempatan paling lambat delapan hari.

Jika pelanggar tidak membayar denda dalam waktu 15 hari, maka surat tanda nomor kendaraan (STNK) akan diblokir. Pelanggar wajib membayar e-tilang untuk proses transaksi.

“Diharapkan dengan penerapan tilang elektronik ini, ketertiban masyarakat dalam berlalu lintas dapat meningkat sehingga keamanan serta kenyamanan berkendara semakin tercipta,” imbuhnya.

(Bayu)