Statsiun Karantina Pertanian Gelar Bimtek Ekspor Bersama Anggota DPR RI

Buletin Indonesia News.com

Ciamis, — Statsiun Karantina Pertanian Kelas 1 Bandung bersama anggota DPR RI KH. Asep Maoshul Affandy, M.Pd.I lakukan bimbingan teknis petani hebat, yang bertempat di aula Hotel Tyara Plaza, Rabu (1/03/2023).

Adapun dalam kegiatannya juga dihadiri oleh H. Arief Maoshul Affandy yang juga sebagai calon legislatif Provinsi Jawa Barat, Lia Herawati, S.P yang mewakili Kepala Statsiun Karantina Kelas I Bandung, dan juga Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Ciamis Slamet Budi Wibowo, SP., M.Si yang mana Ia menyampaikan harapannya bagi para petani untuk bisa menjadi ekportir produk pertanian.

“Semoga dalam acara ini bisa mendongkrak eksportir eksportir baru dari Kabupaten Ciamis, dan apa yang perlu kita lakukan, kita tekuni dengan baik, mudah mudahan akselerasi bisa lebih baik, dan pastinya kalo ini berjalan, tentunya petani akan lebih terangkat,” imbuh Slamet Budi Wibowo.

Lia Herawati, S.P yang juga hadir mewakili dari Kepala karantina kelas I Bandung juga menyampaikan Ia akan turut membantu supaya produk pertanian di Kabupaten Ciamis bisa terjual di berbagai negara luar negeri.

“Kami akan ikut membantu bagaimana di Kabupaten Ciamis ini bisa menjual produknya, dan kita akan terus berusaha untuk menembus pasar internasional. Ada beberapa strategi dalam pertanian yaitu hubungan internasional, mendorong pertumbuhan ekspor baru, kemudian adalah menambah bahan jadi, serta strategi peningkatan ekpor,” tuturnya.

Ia juga menambahkan bahwa akan memberikan fasilitas terbaik bagi petani agar bisa meningkatkan kualitas produk dan menjadi ekportir baru dari Kabupaten Ciamis

“Kegiatan bimbingan teknis ini sudah memasuki tahap ketiga, dan kami berharap bisa diteruskan kepada mitra pertanian yang lainnya, kemudian kita semua memahami bahwa petani adalah bagian penting dari pertanian. Kami berusaha menyediakan fasilitas terbaik yang kami miliki, dan alhamdulillah kita bersama komisi IV,” katanya.

Anggota DPR RI KH. Asep Maoshul Affandy juga menyampaikan bahwa, sudah banyak pelaku ekspor dari Ciamis dengan beberapa jenis produk yang sudah berjalan cukup lama dan bisa menjadi contoh bagi petani lainnya.

“Banyak sekali sebetulnya petani yang produknya sudah ekspor seperti beras organi, gula semut aren, dan banyak juga yang lainnya. Tentunya harapan kedepan hasil dari bimtek ini tumbuh banyak pelaku eksportir eksportir baru,” tukasnya.

Feri