oleh

Survei Capres 2024 CSIS, Anies Unggul?

Buletin Indonesia News.com

JAKARTA, — Hasil dari survei Centre for Strategic and International Studies (CSIS), memberikan hasil yang menyatakan bahwa Anies Baswedan Gubernur DKI Jakarta dan Ganjar Pranowo Gubernur Jawa Tengah sering sekali unggul dalam beberapa simulasi survey elektebilitas capres 2024.  CSIS melakukan sejumlah simulasi dimulai dari 14 nama, 7 nama, 3 nama, dan berakhir dengan 2 nama yaitu Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo (head to head).

Arya Fernandes Kepala Departemen Politik dan Perubahan Sosial CSIS mengatakan, bahwa hasil survei dua nama dan Arya mengatakan Anies Baswedan unggul dari Ganjar Pranowo. Elektabilitas Anies mencapai 47,8%, sedangkan Ganjar Pranowo 43,9%, dan nama-nama lain tidak disebutkan oleh Arya.

“Kenapa head to head? Begini, kalau kita melihat dari 3 nama, maka kemungkinan akan ada dua putaran. Karena tidak akan ada calon yang mendapatkan di atas 50%, dan dari data ini populasi milenial sangat besar, kemungkinan juga tidak akan bergerak jauh dari populasi umum,” kata Arya dalam tayangan Youtube CSIS yang menunjukan hasil survei CSIS bertema “Pemilih Muda dan Pemilu 2024 : Dinamika dan Preferensi Sosial Politik Pascapandemi”, hari Senin (26/9/2022).

Survei CSIS dilaksanakan sejak 8 Agustus 2022 sampai dengan 13 Agustus 2022, dan populasi pemilih muda yang berusia 17-39 tahun (17-24 tahun generasi Z  sampai dengan usia 24-39 tahun generasi milenial).

CSIS melakukan survei bertujuan untuk mengukur dan mengetahui preferensi politik muda di masa depan tentang capres dan partai politik.