oleh

Tampil Lebih Menarik, Telegram Rilis 6 Fitur Baru

Buletin Indonesia News.com

JAKARTA,- Beberapa fitur baru di rilis oleh Telegram untuk para penggunanya. Fitur-fitur yang dihadirkan berfungsi untuk meminimalisasi bocoran atau spoiler, seperti fitur mengaburkan teks dan juga file media dalam tampilan chat.

Selain itu, grafik diagram yang menunjukan visual penggunaan memori turut dihadirkan. Karena menurutnya, fitur ini akan membantu pengguna untuk mengamankan kapasitas penyimpanan perangkat dari file yang tidak begitu penting.

“Pembaruan ini menawarkan beberapa poin yang menyenangkan di tahun 2022: (fitur) media dengan efek spoiler, cara baru menghemat memori perangkat, alat gambar baru, gambar profil yang direkomendasikan dan banyak lagi,” begitu keterangan Telegram yang mengumumkan pembaruan aplikasi, Selasa (3/1/2023).

Berikut ini adalah fitur-fitur terbaru yang dimiliki oleh Telegram:

  • Menyembunyikan media

Fitur dengan format anti spoiler hadir di Telegram dengan menyamarkan teks, foto ataupun video dengan lapisan yang terlihat berkilau.

Bila pengguna ingin menggunakan fitur ini, maka sobat tinggal memilih opsi “Hide with Spoiler” sebelum mengirim file yang diinginkan. Penerima pesan juga harus mengetuk file anti-spoiler supaya file tersebut terbuka dan bisa dilihat dengan jelas.

  • Hemat memori

Selanjutnya ada diagram yang memvisualisasikan kapasitas memori yang digunakan aplikasi. Disana para pengguna dapat melihat file apa saja yang paling banyak menghabiskan ruang penyimpanan, sehingga sobat bisa menghapus file besar hanya dengan beberapa tahapan.

  • Alat gambar baru

Kini fitur alat gambar bisa digunakan untuk mengubah ukuran teks, mengubah font, menambah efek buram, sampai menambahkan emoji animasi. Tombol “+” yang tertera juga membuat penggunanya bisa menambahkan item lain pada gambar seperti persegi panjang, panah, bintang dan item lainnya.

  • Foto profil khusus

Fitur ini terbilang unik, karena di Telegram pengguna bisa mengganti foto profil pengguna lain. Hanya saja praktik ini hanya akan tampil khusus untuk pengguna terkait, jadi bukan untuk semua pengguna.

Misalnya, jika sobat mengganti foto profil Telegram sang kekasih dengan foto hati, maka yang hanya bisa melihat perubahan itu hanya sobat saja. Untuk di kontak lainnya, foto profil sama seperti foto yang dipasang oleh sang kekasih.

Fitur ini bisa ditemukan di menu Profil kontak > Edit > Atur foto untuk (Set Photo for…) pada kontak terkait Telegram.

  • Sembunyikan anggota grup

Saat ini, admin Telegram bisa menyembunyikan daftar anggota. Tetapi hal ini hanya berlaku untuk grup dengan 100 anggota lebih. Dengan fitur ini, tentunya hanya admin yang dapat mengetahui siapa saja anggota yang ada di dalam grup. Kecuali jika mereka mengirim pesan di grup.

  • Emoji baru

Siapa disini yang merasa kurang jika chatingan tapi tidak menggunakan emoji? Nah, sekarang Telegram juga merilis berbagai emoji baru lewat pembaruan aplikasi. Berdasarkan keterangan yang diberikan, pengguna Telegram premium bisa mendapatkan 10 paket emoji animasi. Telegram juga membuat emoji reaction menjadi lebih interaktif.

Semua pembaruan yang disebutkan tadi telah dirilis sejak 30 Desember 2022 lalu, baik itu untuk pengguna iOS ataupun Android.