oleh

Terduga Teroris Ditangkap Densus 88, Pernah Ditahan Militer ISIS

Buletin Indonesia News.com

JAKARTA, DKI Jakarta – Densus 88 (Detasemen Khusus) Antiteror Polri, menangkap seorang tersangka anggota teroris, yang berinisial RY di Magetan, Jawa Timur. Pada hari Selasa (2/8/2022), pukul 08.13 WIB.

Brigjen Ahmad Ramadhan, Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri. Menjelaskan RY terafiliasi atau merupakan anggota jaringan teroris Jemaah Islamiyah (JI).

“Densus 88, telah menangkap satu tersangka tindak pidana teroris dari jaringan Jemaah Islamiyah” Kata Brigjen Ramadhan di Mabes Polri, pada Selasa sore.

Brigjen Ramadhan, menyebutkan bahwa RY di tahun 2013, sudah mengikuti seleksi anggota hubungan internasional kelompok Jemaah Islamiyah. Kemudian, RY pada tahun 2015, melakukan perjalanan kembali ke negara Suriah melalui Istanbul, Turki, untuk membuat hubungan dengan Jabah Musrok. Akan tetapi, RY ditahan oleh militer ISIS.

Menurut Brigjen Ramadhan, RY juga memiliki koneksi langsung ke negara Yaman dalam membuka jalur hubungan antara Jemaah Islamiyah dan kelompok Al Qaeda, untuk melaksanakan pelatihan militer di negara Suriah.

“Tersangka RY juga, pernah melakukan komunikasi dengan Dulmatin di Magetan, Jawa Timur” kata Brigjen Ramadhan.