oleh

Tertarik untuk Buka Usaha Sendiri? Berikut Tren Bisnis di Tahun 2023

Buletin Indonesia News.com

CIAMIS, Jabar- Tren bisnis tahun 2023 sendiri merupakan pengembangan dan kemajuan bisnis di tahun 2022. Banyak sekali ide yang bermunculan dan berdampak pada tren tahun 2023. Tidak hanya makanan dan minuman, sektor yang dihasilkan juga beragam dan juga menjanjikan untuk dirintis.

Bisnis usaha yang diperkirakan akan menjadi tren bisnis di tahun 2023 ini bisa menjadi inspirasi untuk siapapun yang ingin merintis bisnis. Apalagi memasuki tahun yang baru, semangat para pengejar cuan ini tentunya semakin membara.

Lalu apa saja bisnis yang menjadi tren di tahun 2023? Simak yuk!

  • Alat-Alat Kriya

Efek dari pandemi COVID-19 selama dua tahun kebelakang salah satunya adalah makin banyaknya orang yang hobi melukis dan membuat kerajinan tangan. Maka dari itu, peluang bisnis untuk produk alat lukis dan kriya sangat baik karena sedang banyak diminati oleh masyarakat.

Diprediksi tren ini akan terus berlanjut sampai 2023, karena banyak dampak positif yang diberikan untuk keseharian masyarakat. Jadi sobat bisa menjual alat lukis dalam bentuk paket, alat sulam, anyaman, paket clay dan catnya dan lain-lain.

  • Produk Olahraga

Selanjutnya ada produk olahraga, diketahui kegiatan olahraga menjadi salah satu hal yang sering dilakukan oleh masyarakat saat masa pandemi. Rupanya kegiatan ini terus berlanjut dan banyak digemari pasca-pandemi COVID-19. Adapun beberapa olahraga yang banyak digemari diantaranya, sepeda, fitness, memancing, sepakbola dan juga home gym.

Sobat bisa memanfaatkan tren ini dengan menjual produk-produk olahraga, seperti pakaian olahraga, aksesori olahraga dan juga peralatan olahraga lainnya.

  • Produk Makanan

Berikutnya ada produk makanan, dimana tren ini menjadi salah satu kategori yang mewarnai sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Bagi sobat yang memiliki hobi memasak atau membuat kue, tidak ada salahnya untuk merintis bisnis usaha ini. Tren yang tidak lekang oleh waktu ini akan banyak menarik peminat masyarakat, apalagi jika sobat mampu menciptakan resep baru yang unik dan menarik.

Untuk saat ini, salah satu produk makanan yang paling banyak digemari adalah camilan ringan seperti kue kering, camilan kering daerah dan snack pedas. Namun sobat juga wajib memperhatikan target pasar dan lakukan riset produk.

  • Bisnis Ruang Baca dan Kerja

Sebelumnya, co-working space jadi salah satu bisnis yang menjanjikan. Maka dari itu, tren ini bisa terus dilanjutkan karena budaya Work Form Anywhere (WFA) juga berlanjut sampai sekarang.

Hanya saja, sobat memerlukan modal yang besar untuk menyewa tempat atau menggunakan rumah dan bangunan kosong yang telah dimiliki. Tata ruangan sedemikian rupa agar tempat menjadi nyaman dan tenang supaya orang-orang yang menyewa space dapat bekerja.

Disarankan untuk menyediakan pojok untuk menjual minuman atau makanan ringan apabila memiliki modal lebih.

Konsep ini bisa digunakan untuk sobat yang gemar membaca dan mempunyai koleksi buku lengkap. Jika bisa, buatlah ruang baca di rumah dan jadikan hal tersebut menjadi peluang bisnis.