The Heritage Palace, Bekas Pabrik Gula yang Kini Jadi Destinasi Instagrammable

Buletin Indonesia News.com

SUKOHARJO, Jateng — Tak hanya wisata budaya dan sejarah, Solo punya banyak destinasi wisata yang unik dan menarik untuk dikunjungi, salah satunya The Heritage Palace. Diresmikan pada Juni 2018, tempat wisata ini terletak di Jalan Permata Raya, Dukuh Tegalmulyo, Honggobayan, Pabelan, Kartasura, Kabupaten Sukoharjo.

The Heritage Palace merupakan salah satu lokasi wisata di daerah Solo yang kini menjadi tempat favorit pengunjung lantaran desain wisatanya yang bak di negara Eropa.

Dulunya, The Heritage Palace adalah sebuah gedung pabrik gula dengan desain bangunan bergaya arsitektur Belanda, dan sudah ada sejak akhir tahun 1800-an. Pabrik Gula Gembongan ini merupakan salah satu bangunan yang dilindungi dan masuk sebagai Bangunan Cagar Budaya. Pabrik ini didirikan oleh Belanda dengan lahan tebu yang meliputi daerah Ketitang, Trobajan, Tremoelos, Bendo, Dago, Baron dan Kartasura.

Pada waktu itu, hasil olahan gula kristal dari pabrik ini didistribusikan hingga ke Sumatra, Asia dan bahkan Eropa. Tak heran jika pabrik ini bisa menghasilkan keuntungan yang melimpah.

Namun seiring dengan merosotnya industri gula di Jawa, pabrik tersebut akhirnya ditutup. Agar dapat dimanfaatkan kembali, bangunan tua ini disulap menjadi tempat liburan yang menarik dan menambah warna keberagaman destinasi wisata di Kota Solo.

Kawasan pabrik gula ini memiliki luas sekitar 2,2 hektar dan terdiri dari 9 bangunan lengkap dengan cerobong asapnya. Namun, hanya 3 bangunan saja yang bisa diakses oleh para pengunjung termasuk halaman outdoor-nya.

Destinasi wisata ini mengusung tema Eropa klasik, terlihat dari bentuk bangunan dan barang-barang antik yang menghiasi setiap tempat. Karena itulah, bangunan bekas pabrik ini disebut sebagai “Heritage Palace” yang berarti istana warisan. Tema Eropa klasik tersebut hingga kini masih terpampang megah dan dapat dinikmati oleh semua wisatawan.

Bagian outdoor dari The Heritage Palace menjadi salah satu tempat yang paling banyak dikunjungi wisatawan. Di bagian ini terdapat taman indah dengan tata letak yang sengaja dibuat untuk menggambarkan suasana Eropa klasik tersebut. Bangunan bekas pabrik ini disulap seperti sebuah istana megah yang dihiasi bunga berbagai warna serta lampu taman bergaya lawas.

Wisatawan juga dapat menemukan mobil antik tersebar di area The Heritage Palace, seperti Chevrolet dan Plymouth. Bahkan, mobil Dodge Power buatan tahun 1948 yang pernah digunakan Presiden Soekarno juga ada di sini.

Dengan latar bangunan tua, mobil-mobil ini akan menjadi objek yang menarik untuk difoto dan dibagikan di sosial media. Tak jarang, lokasi ini juga dijadikan sebagai latar pemotretan. Wisatawan bebas berfoto di kawasan ini sambil menikmati suasana unik. Selain itu, tersedia juga balkon luas untuk wisatawan melihat pemandangan area taman dari atas.

Tak hanya itu, The Heritage Palace juga menyuguhkan Museum 3D. Museum tersebut berisikan lukisan tiga dimensi yang terlihat keluar dari gambar. Tempat ini juga selalu ramai oleh wisatawan yang ingin berfoto dengan latar belakang yang unik dan terlihat nyata, seperti berfoto sambil menaiki karpet terbang, berselancar dikejar hiu, atau menyeberangi lahar panas.

The Heritage Palace juga memiliki area indoor yang juga tidak kalah menarik. Wisatawan bisa mengunjungi dan berfoto di dalam Omah Kwalik. Saat memasuki Omah Kwalik, wisatawan akan merasa seperti berada di langit-langit rumah karena kondisinya yang terbalik.

Bagi wisatawan yang datang bersama keluarga, di tempat ini juga tersedia fasilitas bermain anak bernama Kids Town yang pasti akan membuat anak-anak betah dengan berbagai jenis permainan yang disediakan. Dengan adanya fasilitas ini, wisatawan tidak perlu khawatir lagi anak-anak bosan berkeliling di kawasan The Heritage Palace.

Masih di dalam area The Heritage Palace, terdapat museum 3D yang berisi lukisan tiga dimensi yang terlihat keluar dari gambar. Tempat ini juga selalu ramai oleh pengunjung yang ingin berfoto dengan latar belakang yang unik terlihat nyata.

Anda yang berkunjung ke Heritage Palace Solo tidak perlu takut kelaparan karena di sini juga sudah tersedia area Food court. Berbagai makanan dan jajanan murah bisa Anda beli dan cicipi di area ini setelah lelah berkeliling.

Sambil duduk beristirahat, berbagai makanan lezat akan mengisi kembali tenaga Anda sebelum melanjutkan berwisata. Pilih sendiri makanan yang Anda inginkan dan nikmati kelezatannya langsung ditempat.

The Heritage Palace bertepatan di The Heritage Palace, Jalan Permata Raya Dukuh Tegal Mulyo RT.002/RW.008, Honggobayan, Pabelan, Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.

  • Tiket Masuk Gate Outdoor: Rp30.000
  • Tiket Masuk Terusan Outdoor dan Indoor: Rp55.000 (weekday) dan Rp65.000 (weekend dan tanggal merah).
  • Jam buka: Setiap hari pukul 09.00 – 16.00

Untuk informasi lebih lanjut kamu bisa menghub ungi instagram @