oleh

Tim Gradak Polres Bangka Bekuk 3 Bandar Narkoba 137.24 gram Sabu dalam 1 Malam

BULETIN INDONESIA NEWS.COM

Sungailiat Bangka, — Tim Gradak SatRes Narkoba Polres Bangka amankan 3 orang pelaku yang diduga melakukkan tindak pidana Narkotika jenis sabu, dan di 3 Tkp yang berbeda, Senin (12/9/2022).

3 orang pelaku tersebut ditangkap di tempat yang berbeda, pelaku MR Als Grasak (41) jl. Pahlawan 12, Kecamatan Belinyu dan SN Als Akwang (37) Air Kenanga, Sungailiat, serta pengembangan dari SN Als Akwang mendapatkan FER Als Afang Desa Merawang, Kecamatan Merawang, Kabupaten Bangka.

Kasatres Narkoba Polres Bangka Iptu Deni Wahyudi, S.Sos., Seizin Kapolres Bangka AKBP Indra Kurniawan, S.H., S.I.K., M.Si., membenarkan bahwa SatRes Narkoba Polres Bangka menangkap 3 orang pelaku yang diduga melakukkan tindak pidana Narkotika jenis sabu, yang penangkapan tersebut dilakukan di 3 TKP yang berbeda yaitu dijalan pahlawan 12, Kecamatan Belinyu dan Kelurahan Air Kenanga, Kecamatan Sungailiat serta Desa Merawang, Kecamatan Merawang Kabupaten Bangka.

“Dalam penangkapan pertama
Di rumah jln. Pahlawan 12, Kecamatan Belinyu,¬†Kabupaten Bangka pada Minggu 11/9/2022 jam 20.00 WIB, menangkap MR Als Grasak dan ditemukan barang bukti¬†49 (empat puluh sembilan) bungkus plastik bening kecil yang berisikan kristal warna putih diduga jenis sabu dan 7 (tujuh) bungkus plastik bening besar yang berisikan kristal warna putih diduga narkotika jenis sabu dengan berat bruto 84,22 gram,” ujar Iptu Deni.

Pelaku MR Als Grasak melakukan transaksi jual beli narkotika jenis sabu dengan cara melempar paket narkoba jenis sabu ke beberapa titik. Dari tindakannya pelaku dapat diduga melanggar Pasal 114 ayat 2 Subs Pasal 112 ayat 2 UU RI No. 35 tahun 2009 tentang Narkotika.

Selanjutnya Kasatres Narkoba Polres Bangka menjelaskan penangkapan kedua yang terjadi pada minggu 11/9/2022 jam 22.30 WIB dengan TKP di rumah kediaman pelaku SN Als Akwang di JL. Harapan, Kelurahan Kenanga, Kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka.

“Dari hasil penangkapan pelaku didapatkan Barang bukti berupa 5 (lima) bungkus plastik bening yang berisikan kristal warna putih diduga jenis sabu dengan berat Bruto 53,00 gram,” ujar Kasat.

Setalah melakukkan introgasi secara intensif oleh penyidik, pelaku SN Als Akwang pada Senin 12/9/2022 jam 14.30 WIB, mengaku masi menyimpan narkotika jenis sabu yang disimpannya di tempat tumpukkan sampah disamping rumah pelaku, kemudian SatRes Narkoba Polres Bangka menemukan kembali barang bukti 30 (tiga puluh) bungkus plastik bening yang dimasukan ke dalam sedotan pelastik warna merah dan hijau, yang berisikan kristal warna putih diduga narkotika jenis sabu dan 2 (dua) bungkus pelastik bening yang dibaluti dengan tissue yang berisikan kristal warna putih yang diduga narkotika jenis sabu, dengan berat Bruto 17 gram.

Selanjutnya kasatres Narkoba Polres Bangka menambahkan dari pengakuan atau keterangan pelaku SN Als Akwang bahwa barang (Sabu) tersebut didapati dari FER Als Afang (34) Desa Merawang.

“Dari keterangan yang didapat Tim Gradak SatRes Narkoba Polres Bangka langsung bergerak dan berhasil menangkap (penangkapan ke tiga) pelaku FER Als Afang serta mendapatkan barang bukti berupa narkotik jenis sabu seberat 0.2 gram,” pungkas Kasat.

Ada pun modus dari pelaku SN Als Akwang dan FER Als Afang melakukan transaksi jual beli narkotika jenis sabu dengan cara ketemu langsung dengan para pembelinya di rumah pelaku dan pelaku dapat diduga melanggar Pasal 114 ayat 2 Jo pasal 132 Subs Pasal 112 ayat 2 Jo pasal 132 UU RI No. 35 tahun 2009 ttg Narkotika.

Dari hasil kedua penangkapan dan satu pengembangan tersebut jumlah barang bukti yang didapat narkotika jenis sabu dengan berat bruto 137.24 gram. (WAWAN)