Tonton : Tips Mengetahui Anggaran Desa Yang Jarang Diketahui Masyarakat

Tonton : Tips Mengetahui Anggaran Desa Yang Jarang Diketahui Masyarakat

Buletin Indonesia News
EDUKASI,–
Di era digital saat ini masyarakat lebih mudah mengetahui kegiatan Anggaran Pemerintah desa yang difasiltasi pemerintah melalui situs resmi website Sistem Informasi Desa (SID) Kementerian Desa. Dengan mengakses situs resmi tersebut, kita tinggal memilih menu untuk memasukan data Propinsi, Kabupaten, Kecamatan, dan Desa yang ingin kita ketahui kegiatan anggarannya apakah sesuai dengan fakta di lapangan atau tidak.

Melalui keterbukaan informasi publik ini, Pemerintah Desa dalam melakukan kegiatan anggaran tentunya tidak akan bisa bermain-main dengan anggaran karena akan lebih mudah diketahui faktanya oleh masyarakat.

Tonton Video Cara Mengakses Penggunaan Anggara Desa :

Kami berikan salah satu contoh dengan mengakses kegiatan anggaran di Desa Sadananya, Kecamatan Sadananya, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Untuk mencari informasi lain, kita tinggal klik menu home dan mencari informasi yang diinginkan pada Menu lain yang sudah tersedia.

Disini, kami coba masuk ke menu Dana Desa, lalu masuk ke anggaran tahun 2020, maka tampil uraian realisasi anggaran Dana Desa Sadananya tahun 2020. Jelas disini kegiatan desa selama tahun anggaran 2020 dan masyarakat tinggal membandingkan dengan fakta di lapangan.

Jika ingin melihat Anggaran Pedapatan dan Belanja Desa (APBDes) kembali, ke  Menu awal dan klik menu APBDes.
Muncul disini beberapa Menu APBDes dari tahun 2017 sampai 2020.
Kita lihat ABPDes tahun 2020 saja. Disini,  ada 9 poin yang menjadi sumber pendapatan desa, salah satunya adalah dari hasil Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) senilai 40 juta rupiah.

Selanjutnya kita masuk ke Menu Anggaran Belanja Desa Sadananya selama tahun 2020.
Ada banyak poin disin mulai dari kegiatan pembangunan infrastruktur, pemberdayaan, gaji dan tunjangan, insentif hingga penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) di masa Pandemi Covid-19.

Selanjutnya kita lihat informasi tentang Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang sudah diberi nama BUMDes MULIA.
Disini secara detail memberikan informasi seputar Bumdes Mulia, dan lebih lengkap mengakses situs resmi Websitenya yaitu www.bumdesmulia.com.

Kembali ke Menu Utama, kita coba lihat jumlah penerima  dana bantuan langsung tunai (BLT). Untuk menjangkau lebih banyak nama penerima, pada kolom show, ketik angka maksimal 100 entries sehingga kita bisa melihat nama-nama penerima dana BLT di Desa Sadananya.
Disini tercatat 160 masyarakat penerima BLT khusus Desa Sadananya.

Banyak informasi tentang desa kita disini, yang bisa kita akses langsung.

Dengan informasi ini tentunya transparansi desa yang selama ini dibutuhkan masyarakat lebih mudah untuk di akses. Adapun fakta dilapangan sesuai atau tidaknya bisa dikoordinasikan ke pihak pemerintah desa untuk klarifikasi.

Bagaimana dengan Desa anda ? Tonton link dan download video di atas untuk bisa mengikuti tutorial cara mengakses kegiatan anggaran keuangan desa Pemirsa.

Jangan lupa share ke seluruh masyarakat, rekan, kerabat agar tidak tertinggal informasi di era digital saat ini..

Oh iya.. jangan lupa like dan subscribe agar terus mendapat edukasi dari chanel kami.. sampai jumpa dikonten edukasi berikutnya..
(*REDAKSI)

Admin BIN