Toto Marwoto, Wartawan Yang Kompeten, Mempermudah Dalam Melaksanakan Tugas

Toto Marwoto, Wartawan Yang Kompeten, Mempermudah Dalam Melaksanakan Tugas

Toto Marwoto, Wartawan Yang Kompeten, Mempermudah Dalam Melaksanakan Tugas

CIAMIS, BINews.com– Wartawan yang kompeten akan mempermudah para wartawan dalam melaksanakan tugasnya meliput di lapangan, hal tersebut diungkapkan PJ Sekertaris Daerah Kabupaten Ciamis, Toto Marwoto saat acara penutupan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang digelar Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dan Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Angkatan I, UKW PWI Provinsi Jabar Angkatan XXXVIII, Kamis (12/12/2020) di Aula BKPSDM Ciamis.

PJ Sekertaris Daerah Kabupaten Ciamis, Toto Marwoto saat acara penutupan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang digelar Persatuan Wartawan Indonesia

Dikatakannya, UKW yang digelar selama dua hari dari Rabu (11/11) dan Kamis (12/11) tersebut menghasilkan seluruh peserta yang dinyatakan kompeten.

“Wartawan yang kompeten akan mempermudah dalam melaksanakan tugasnya meliput di lapangan dan mampu memacu diri untuk menghasilkan karya jurnalistik yang menciptakan perubahan,” katanya.

UKW tersebut diikuti 34 wartawan dari berbagai media di Ciamis, 29 orang diantaranya dari PWI Kabupaten Ciamis, yang meliputi Banjar dan Pangandaran, 5 orang dari IJTI Ciamis Raya, namun 1 orang diantaranya terpaksa mengundurkan diri dikarenakan kecelakaan lalu lintas. Para penguji pada UKW Angkatan I Ciamis tersebut terdiri dari para wartawan senior diantaranya, Wawan Djuwarna, Widodo Asmowiyoto, Ati Suprihatin, Refa Riana, Suherlan dan Nurcholis.

“Selamat kepada seluruh peserta yang dinyatakan lulus, sekarang kalian semua sudah berkompeten sebagai wartawan setelah mengikuti UKW ini, semoga bisa memotivasi untuk menghasilkan karya jurnalistik yang lebih baik lagi,” ucapnya.

Ditegaskannya, pelaksanaan UKW menjadi hal yang penting untuk meningkatkan kualitas dan kepercayaan masyarakat terhadap profesi seorang wartawan.

“Wartawan yang berkompeten akan menjadi nilai tambah kepercayaan masyarakat ataupun instansi di lapangan, apalagi dijaman yang serba cepat ini peningkatan kompetensi individu wartawan harus ditingkatkan,” tegasnya.

Ketua PWI Kabupaten Ciamis, Subagja Hamara mengatakan UKW merupakan titik awal untuk mengukur kompetensi seorang wartawan, ujian sesungguhnya saat melaksanakan tugas peliputan di lapangan.

Ketua PWI Kabupaten Ciamis,
Subagja Hamara

“Secara kualitas intelektual peserta UKW sudah diberikan wawasan dan diuji baik intelektual maupun etikanya sehingga harus menjadi contoh bagi wartawan yang lain,” terangnya.

Bagja juga berpesan kepada semua peserta yang lulus dalam UKW tersebut untuk tidak menjadi sombong tetap menjujung Kode Etik Jurnalistik (KEJ), nilai etika profesi wartawan dalam melakukan proses liputan di lapangan, pihaknya juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung kegiatan tersebut.

Dalam kegiatan tersebut juga menghasilkan tiga lulusan terbaik, yaitu terbaik pertama Dadang Hermansyah dari media detik.com, terbaik kedua Ageng dari media Fokusjabar dan terbaik ketiga Deden Rahadian dari media Trans7. (Nank)

Admin BIN