oleh

Unigal Ciamis Wisuda Daring, 8 Mahasiswa Cumlaude

Buletin Indonesia News.com

CIAMIS, Jabar — Sebanyak 1372 orang mahasiswa Universitas Galuh Ciamis mengikuti pelaksanaan wisuda ke-34 pada Kamis, 28 Oktober 2021 di Auditorium Unigal. Adapun dari 1371 wisudawan dari 7 fakultas dan program pascasarjana didapati 21 wisudawan dengan rincian terbaik.

Mengingat masih dalam keadaan pandemi Covid-19 kegiatan ini dilaksanakan secara daring. Meskipun demikian tidak mengurangi esensi kekhidmatannya.

Rektor Universitas Galuh Ciamis, Dr. H. Yat Rospia Brata menyampaikan permohonan maklum kepada semua pihak karena wisuda periode ini masih dilaksanakan melalui daring.

“Pada kesempatan ini saya menyampaikan permohonan maklum kepada semua pihak terutama para wisudawan dan orang tua, karena wisuda periode ini masih dilaksanakan melalui DARING sebagai upaya mengurangi dan mencegah penyebaran Covid-19 di lingkungan kampus Universitas Galuh. Namun demikian, walaupun dilaksanakan melalui daring mudah mudahan tetap tidak mengurangi esensi kekhidmatan nya.” tuturnya.

Yat mengungkapkan, wisuda kali ini diikuti oleh lulusan Program Pascasarjana untuk jenjang S-2 dan Program Sarjana untuk jenjang S-1 serta Program Profesi yang merupakan bagian dari rangkaian layanan akademik.

Yat juga berharap para wisudawan setelah menjadi alumni memiliki kompetensi, yang siap bekerja dan menciptakan lapangan kerja di masyarakat.

“Jadikanlah kualitas akademik, nilai-nilai moral, dan nilai-nilai luhur Kagaluhan tersebut sebagai ciri khas saudara dalam setiap langkah kehidupan di masyarakat kelak.” harapnya.

Disamping itu layanan akademik sebagaimana diketahui telah difasilitasi oleh berbagai program yang telah menjamin kualitas proses pendidikan dengan mengacu pada visi ‘berwawasan global’ dan semangat merdeka belajar kampus merdeka.

Yat juga mengatakan, selain program pascasarjana, sarjana, dan diploma, Universitas Galuh juga telah membuka Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) serta Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka Dalam Negeri (PMMDN) yang difasilitasi oleh Kemendikbud Ristek Dikti.

“Kami telah melakukan berbagai improvisasi peningkatan kualitas kinerja akademik melalui pembelajaran yang bermutu, meskipun dilaksanakan secara daring dengan aplikasi-aplikasi digital.” tuturnya.

Pada program kemitraan, saat ini lebih menfokuskan pada kegiatan pertukaran/exchange yang melibatkan mahasiswa maupun dosen.

Selain itu, kemitraan dengan berbagai universitas ternama, program detasering, program peneiltitian bersama dan pengabdian kepada masyarakat, manajemen kelembagaan, sumber daya, merdeka belajar dan kampus merdeka, serta sejumlah kegiatan peningkatan kapasitas sumber daya lainnya.

“Dengan upaya tersebut, Universitas Galuh telah memperoleh kepercayaan mitra dalam dan luar negeri melalui berbagai jont-program.”

Saat ini keikutsertaan mahasiswa Universitas Galuh yang belajar keluar negeri (outbond) yakni ke HCU Thailand, STI West Negros Phillipines, UKM Malaysia dan UTHM telah mencapai jumlah 32 orang, dan mahasiswa luar negeri yang dating belajar di Universitas Galuh (inbound) sebanyak 15 orang.

Demikian pula para dosen expert sebagai guest lecturer di Universitas Galuh saat ini tercatat ada 10 orang dalam rangka general stadium maupun joint advisor. Hal tersebut menunjukkan bahwa kepercayaan masyarakat luar (global) terhadap kinerja Universitas Galuh semakin baik dan meningkat. (**Agus Firman)

News Feed