UNIGAL dan Yayasan Seni Budaya Adireja MoU Kerjasama Untuk Pelestarian Budaya

UNIGAL dan Yayasan Seni Budaya Adireja MoU Kerjasama Untuk Pelestarian Budaya

Buletin Indonesia News
CIAMIS,–
Demi melestarikan seni dan budaya galuh, Yayasan Seni Budaya Adiredja membangun MoU kerjasama dengan Universitas Galuh Ciamis sebagai langkah awal untuk membangun kesadaran melalui regenerasi. Ketua Yayasan Seni Budaya Adireja, Rizki Rasa Utama mengatakan perkembangan zaman saat ini penting adanya edukasi tentang seni dan budaya agar selalu terwariskan dari generasi ke generasi berikutnya. Untuk mewujudkan program tersebut, perlu parter dari kalangan akademisi Universitas Galuh yang selama ini dikenal dengan kampus budaya.

Rizki sapaan akrab Oki mengatakan, selama mengemban ilmu sampai ke tingkat S3 di Jerman dan melakukan pengembangan akademik di sejumlah negara, seni dan budaya yang berasal dari Indonesia banyak diminati. Berdasarkan itu, Oki bersama timnya berkeinginan untuk melestarikan Seni dan Budaya lokal khususnya Ciamis agar tidak tergerus oleh perkembangan zaman di era digital ini, sementar seni dan budaya galuh ini memiliki banyak penggemar di luar negeri.

Tonton sebelum melanjutkan :

Sementara itu, Rektor Universitas Galuh Ciamis, DR. Yat Rospia Brata mengatakan pelestarian seni dan budaya galuh sangat perlu diperhatikan karena merupakan warisan leluhur yang menjadi karakter suatu daerah. Yat  juga menyambut baik niatan Yayasan Seni Budaya Adireja dalam upaya melestarikan seni dan budaya galuh. Selain berkaitan dengan program akademik kegaluhan juga bisa menjadi edukasi bagi seluruh masyarakat Tatar Galuh Ciamis.

“Dengan terjalinnya kerjasama ini, Pelestarian senin dan budaya galuh ini langkah utama yang diambil adalah dengan menanamkan nilai-nilai seni dan budaya Galuh melalui edukasi dalam jiwa generasi tatar galuh ciamis baik dari tingkat sekolah dasar hingga perguruan tinggi” papar Rektor Selasa (03/11/20)

Dia (Rektor_red) menambahkan implementasi MoU kerjasama ini nanti bisa melalui pagelaran seni dan budaya ataupun riset sehingga apa yang diharapkan dalam melestarikan warisan leluhur tatar galuh ciamis ini dapat terwujud.

*laporan : Agus Firman)

Admin BIN