oleh

USBN Akan Dilaksanakan oleh Siswa SD Mulai 2018

Buletin Indonesia News

JAKARTA,– Siswa jenjang SD akan mengikuti Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN), mulai 2018. Ada delapan mata pelajaran yang akan diujikan pada siswa SD.

Wakil Ketua Komisi X DPR RI Abdul Fikri Faqih menilai wacana pemberlakuan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) bagi seluruh jenjang pendidikan, termasuk sekolah dasar (SD), perlu dikaji ulang.

Dia menegaskan “Siswa SD belum pernah disiapkan untuk mengikuti USBN. Kalau siswa SMP dan SMA/SMK sudah lebih terbiasa dengan USBN,” tegasnya Selasa (26/12/17).

Sebelumnya, Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) Bambang Suryadi membenarkan bahwa tahun depan siswa jenjang SD secara serentak akan mengikuti USBN. Bambang menjelaskan, pada 2017 USBN sudah dimulai di jenjang SMP, SMA, dan SMK kecuali di SD. Pada tahun ini juga, kata Bambang, ada ujian nasional, USBN, dan ujian sekolah. Sementara tahun depan, US akan ditiadakan. “Pada tahun 2018 semua sekolah, mulai dari SD sampai SMA dan yang sederajat melaksanakan USBN. Tidak ada lagi ujian sekolah (US) sebab esensi USBN adalah ujian sekolah,” katanya.

Mengenai soal ujian, 20-25 persen soal akan disiapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Dan sementara ujian akhir yang berlaku untuk siswa SD saat ini bernama ujian sekolah dengan jumlah tiga mata pelajaran (Bahasa Indonesia, Matematika dan IPA).

Abdul Fikri berpendapat, jika USBN memang harus dilaksanakan bagi seluruh jenjang pendidikan, Dia berharap hal tersebut hanya akan dilaksanakan di sekolah tertentu yang memang memiliki kesiapan yang lebih baik. Ia menambahkan sarannya, “jika delapan standar nasional pendidikan itu alat ukurnya hanya akreditasi, sedangkan hasil akreditasi itu bermacam kategori A, B, dan C bila USBN akan diterapkan kepada semua ini tidak adil. Sebaiknya USBN dilakukan untuk pertama kali hanya bagi sekolah yang akreditasinya A dan B saja lebih dahulu,” ujarnya.

Editor : Wny

Komentar

News Feed