oleh

Utis Kustiaman : Karang Taruna Wadah Pembinaan Generasi Muda Bidang Kesejahteraan Sosial

buletinindonesianews.com

PANGANDARAN, Jabar — Sebagai subjek dan wadah pembinaan generasi muda dalam bidang kesejahteraan sosial di tingkat desa/kelurahan, Karang Taruna harus benar-benar dan mampu menunjukkan fungsi dan peranannya secara optimal di tengah-tengah masyarakat.

Hal itu diungkapkan Ketua Karang Taruna Kecamatan Ciamis, Utis Kustiaman saat membuka acara pembinaan dan penyuluhan Karang Taruna desa/kelurahan se-Kecamatan Ciamis yang digelar pada Jumat-Sabtu (17-18/09/2021) di Halaman Hotel Cahaya Sentosa Pangandaran, Jumat (17/09/2021).

“Hanya dengan cara seperti itu Karang Taruna dapat memperoleh legetimasi dan kepercayaan dari komponen lain yang sama-sama berpatisipasi dalam pembangunan desa/keluraharan, khususnya pembangunan dalam bidang kesejahteraan sosial,” katanya.

Menurutnya, kegiatan tersebut merupakan agenda rutin tahunan juga dalam rangka menyambut Hari Lahir (Harlah) Karang Taruna ke-60, namun untuk acara kali ini berkaitan dengan persiapan rapat pimpinan (Rapim) Karang Taruna Kabupaten Ciamis tingkat Kecamatan Ciamis.

Untuk dapat memperoleh legitimasi dan kepercayaan tersebut, Karang Taruna harus memiliki program kegiatan yang jelas sesuai dengan kebutuhan dan permasalahan yang ada disekitarnya, di acara tersebut semua program dan aspirasi dari Karang Taruna desa/kelurahan akan ditampung, nantinya akan di bahas di rapim Karang Taruna Kecamatan untuk dibahas dalam rapim Karang Taruna Kabupaten Ciamis.

“Program kegiatan Karang Taruna harus berlangsung secara melembaga, terarah dan berkesinambungan serta melibatkan seluruh unsur generasi muda yang ada di wilayahnya masing-masing,” jelasnya.

Saat ini permasalahan sosial merupakan suatu fenomena yang terjadi cenderung meningkat, tidak terkecuali di kalangan generasi muda sebagai dampak dari proses pembangunan, arus globalisasi, demokrasi dan perkembangan penduduk yang terus meningkat, untuk itu Utis mengharapkan agar seluruh pengurus dan anggota Karang Taruna juga ambil bagian secara aktif dalam menyikapi dan menangani berbagi permasalahan kesejahteraan sosial juga permasalahan yang dialami para pemuda.

“Karang Taruna merupakan wadah pemuda, untuk itu sebagai pemuda dituntut punya karya nyata untuk masyarakat yang dirasakan langsung oleh masyarakat, selain itu bisa mewujudkan Kabupaten Ciamis ini lebih maju mandiri dan sejahtera bersama. Kita semua harus aktif berpartisipasi untuk mengatasinya sebagai wujud tanggung jawab kita di tengah masyarakat dan lingkungan,” tegasnya.

Utis juga mengajak seluruh kader Karang Taruna untuk mampu mengamati, mengkaji dan mengantisipasi berbagai permasalahan sosial yang menyangkut pembinaan generasi muda di wilayah nya masing-masing, baik saat ini maupun di masa yang akan datang.

Kasi Pembinaan Potensi Sumber Kesejahteraan Sosial dan Sumbangan Sosial (PPSKS), Dinas Sosial Kabupaten Ciamis, Dindin sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan Karang Taruna Kecamatan Ciamis tersebut, menurutnya acara pembinaan kader Karang Taruna merupakan hal positif untuk dapat menggali potensi dan pengembangan generasi muda.

“Semoga ini bisa menjadi motivasi untuk Karang Taruna kecamatan lain yang ada di Kabupaten Ciamis, sehingga apa yang dicita-citakan bangsa seperti dalam lagu mars Karang Taruna bisa tercapai,” ungkapnya.

Karang Taruna harus bisa berinovasi, berkreasi dan bersinergi dengan semua stakeholder / pemerintah di semua tingkatan, agar bisa mensejahterakan diri dan yang paling utama bisa memiliki prestasi dan menghasilkan karya.

“Pengurus Karang Taruna ditingkat desa harus bisa bekerja sama dengan kepala desa dalam melakukan segala bentuk kegiatan sosial maupun kegiatan ekonomi,” tegasnya.

Dalam kegiatan tersebut juga diberikan hadiah dan piagam penghargaan katagori Karang Taruna terbaik dari hasil penilaian tentang, Administrasi organisasi, Sinergitas organisasi dengan pemerintahan setempat dan Program kerja organisasi.

Adapun Karang Taruna Terbaik tersebut adalah Terbaik ke-1 Karang Taruna Jaguar Desa Cisadap, terbaik ke-2 Karang Taruna Jaya Dibuana Kelurahan Kertasari dan Karang Taruna Wahana Muda Kelurahan Cigembor. Sedangkan jumlah peserta yang hadir sebanyak 40 orang terdiri dari 24 orang perwakilan dari 12 Karang Taruna desa/kelurahan dan 16 orang pengurus harian Karang Taruna Kecamatan Ciamis. Acara berlangsung aman, lancar dan tetap menjalankan Prokes yang ketat. (Nank Irawan*)

News Feed