oleh

Vonis Hukuman Dua Pemoge di Pangandaran Yang Menabrak Dua Bocah SD Hingga Meninggal

Buletin Indonesia News.com

CIAMIS Jabar,– Majelis hakim di Pengadilan Negeri Ciamis, Jawa Barat, menjatuhkan vonis terhadap dua pemotor Moge. Atas kasus kecelakaan maut yang terjadi di Desa Ciganjeng Kecamatan Kalipucang, Kabupaten Pangandaran, pada pertengahan maret silam. Dua pemoge tersebut yakni Agus Wandri dan Angga Permana dijatuhi vonis 6 bulan penjara dan denda Rp 12 juta subsider 1 bulan penjara.

Humas Pengadilan Negeri Ciamis, Indra Muharam ditemani Agus Mulyana selaku Panitera pengganti pada perkara kasus kecelakaan lalu lintas ini mengatakan, terdapat sejumlah pertimbangan majelis hakim dalam memberikan putusan tersebut.

Keputusan itu banyak hal meringankan terdakwa, diantaranya adanya perdamaian antara keluarga korban dan terdakwa, juga majelis hakim telah menerima permohonan dari pihak korban untuk membebaskan kedua terdakwa. Selain itu, para terdakwa dinilai sudah bertanggung jawab dengan memberikan santunan kepada keluarga korban.

“Itu pertimbangan hakim yang meringankan,” jelas Indra.

Sidang dipimpin Ketua majelis hakim Beny Sumarno, serta hakim Aprisol dan Rika Emilia yang dimulai pukul 13.00 WIB. Jalannya persidangan agenda putusan dimulai atas nama terdakwa Angga Permana berlangsung 30 menit. Setelahnya kemudian Agus Wandri masuk ke ruangan sidang.

Menanggapi tuntutan ringan yang dilayangkan JPU, Kasipenkum Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Barat, Kamis (30/6/2022). Sutan Harahap menjelaskan, tuntutan ringan tersebut diambil karena terdakwa sudah berdamai dengan keluarga korban.

“Jadi menuntut di pelaku ini karena sudah berdamai,” ujar Sutan.

Selain sudah adanya upaya perdamaian keluarga korban juga meminta majelis hakim untuk membebaskan kedua terdakwa bernama Angga Permana dan Agus Wandri itu.

“Pihak dari korban meminta ke majelis hakim agar tersangka atau pelaku yang kini jadi terdakwa itu dibebaskan. Itu permintaan keluarga korban,” ungkapnya.

Tidak hanya itu, tuntutan ringan diambil karena kedua terdakwa juga bersikap koperatif selama menjalani persidangan di Pengadilan Negeri Ciamis.

Dalam amar tuntutannya yang dibacakan JPU saat sidang di PN Ciamis pekan lalu, kedua terdakwa dituntut hukuman enam bulan penjara. Keduanya dinyatakan bersalah sebagaimana Pasal 310 ayat (4) UU nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan (LLAJ).

Diketahui, Hasan dan Husen ditabrak dua pengendara moge hingga tewas di dekat SDN 3 Tunggilis, Jalan Raya Banjar-Pangandaran, Kecamatan Kalipucang, Kabupaten Pangandaran, pada Sabtu (12/3/2022), pukul 13.15 WIB.