Wabup Yana: Program LAZISMU Sesuai Visi Misi Pemkab Ciamis

Wabup Yana: Program LAZISMU Sesuai Visi Misi Pemkab Ciamis

Wabup Yana: Program LAZISMU Sesuai Visi Misi Pemkab Ciamis.

CIAMIS, buletinindonesianews.com – Program Lembaga Amil Zakat Infaq Shadaqah Muhammadiyah (LAZISMU) telah relevan dengan Visi Misi Kabupaten Ciamis yakni mantapnya kemandirian ekonomi sejahtera untuk semua yang salah satu misinya meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), hal itu diungkapkan, Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra saat menerima kunjungan silaturrahmi pengurus LAZISMU Ciamis di Ruang Oproom Sekretariat Daerah Kabupaten Ciamis, Jum’at (27/11/2020).

Dalam acara tersebut, Wakil Bupati didampingi Sekretaris Daerah, Asisten Ekbang Kesra, Kepala Kementrian Agama Kabupaten Ciamis, Perwakilan Kepala BAZNAS Ciamis, Kepala Inspektorat dan Kepala Bagian Kesra Sekretariat Daerah Kabupaten Ciamis.

Wabup Yana sangat mengapresiasi dan menyambut baik dengan hadirnya lembaga pengelola zakat seperti LAZISMU di Kabupaten Ciamis, lembaga-lembaga sosial pengelolaan zakat seperti halnya Baznas atau LAZISMU pada dasarnya memiliki tujuan yang sama yaitu untuk mensejahterakan masyarakat, sehingga tidak akan menimbulkan persaingan karena merupakan lembaga non Profit.

“Apa yang menjadi program LAZISMU sudah sejalan dengan Visi Misi Kabupaten Ciamis yaitu mantapnya kemandirian ekonomi sejahtera untuk semua, sehingga dalam pelaksanannya dapat bersinergi dan berkolaborasi antara Pemkab Ciamis dan LAZISMU,” katanya.

Yana berharap Lembaga Amal Zakat (LAZ) bisa berkembang berjalan sesuai dengan harapan dan manfaatnya bisa dirasakan masyarakat serta menjadi lembaga yang mendapat kepercayaan masyarakat.

“Untuk menjadi lembaga yang terpercaya terlebih dahulu perlu membangun kepercayaan pada masyarakat salah satu caranya bisa dengan mengekspose kegiatan LAZISMU,” jelasnya.

Sementara itu Manajer Operasional LAZISMU Kabupaten Ciamis, Husen Umar Abdullah mengatakan LAZISMU adalah Lembaga Zakat, Infak, Wakaf, dan Shodaqah Muhamadiyah, merupakan lembaga zakat tingkat nasional yang bergerak dalam bidang pemberdayaan masyarakat melalui pendayagunaan secara produktif dana zakat, infak, shadaqah, wakaf dan dana titipan kedermawanan lainnya baik dari perseorangan, lembaga, perusahaan maupun instansi lainnya, LAZISMU sepenuhnya milik umat dan hadir dengan tujuan untuk memberikan manfaat kepada masyarakat.

“Prioritas yang kami diberikan kepada masyarakat baik dari bentuk beasiswa, kesehatan, ekonomi, dakwah dan kegiatan sosial lainnya, karena sampai saat ini Itulah masalah utama sosial yang ada di masyarakat,” ungkapnya.

Menurutnya, LAZISMU didirikan pada tahun 2002 oleh PP Muhammadiyah dan di kukuhkan sebagai LAZNAS pada November tahun 2002, Lembaga ini milik umat, kami hanya di titipkan saja. Kami hanya ingin memberikan kemanfaatan bagi masyarakat dengan tidak melihat latar belakang.

“Ada 5 pilar program dari LAZISMU yaitu pendidikan, kesehatan, ekonomi, dakwah dan sosial kemanusiaan, dengan pendekatan pelaksanaan program secara karikatif, pengembangan, pemberdayaan dan terakhir advikasi,” jelasnya.

Dijelaskannya, beberapa bantuan lain seperti pemberdayaan, program memakmurkan masjid, dakwah dan lainya, untuk itu pihaknya berharap dengan adanya LAZISMU di Kabupaten Ciamis bisa memberikan manfaat untuk masyarakat Ciamis.

“Alhamdulillah dalam masa pandemi ini, kami juga dapat memberikan bantuan berupa pembagian masker, penyemprotan disinfektan di mesjid-mesjid, yang telah kami laksanakan sejak Maret- nonember 18 terkait kebencanaan kami juga memberikan bantuan termasuk bencana banjir yang melanda Banjarsari dan sekitarnya,” pungkasnya.

(Nank)

Admin BIN