oleh

Walikota Banjar melantik 24 Kepala Sekolah, ini Harapannya

Buletin Indonesia News.com

Banjar, — Wali Kota Banjar, Dr. Hj. Ade Uu Sujaesih,M.Si., melantik dan mengambil sumpah/janji jabatan penugasan guru sebagai kepala UPTD Sekolah Dasar Negeri dan kepala UPTD Sekolah Menengah Negeri di Lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Banjar tahun 2023 yang bertempat di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Banjar, Kamis (12/01/2022).

Pelantikan dan pengambilan supah jabatan hari ini terdiri dari 15 penugasan guru sebagai kepala UPTD Sekolah Dasar Negeri, satu penugasan guru sebagai Kepala UPTD Sekolah Menengah Pertama, serta rotasi Kepala Sekolah Negeri sebanyak delapan orang terdiri dari tujuh orang jenjang Sekolah Dasar dan satu orang jenjang SMP.

Menurut Wali Kota, sektor pendidikan merupakan salahsatu sektor prioritas di pemerintah Kota Banjar yang tingkat keberhasilanya tertuang dalam indikator kinerja utama yang menjadi salah satu elemen Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Wali kota menambahkan bahwa berdasarkan Permendikbud Nomor 15 tahun 2018 tentang pemenuhan beban kerja guru dan kepala sekolah, bahwa beban kerja Kepala Sekolah Satuan Pendidikan sepenuhnya untuk melaksanakan tugas manajerial, pengembangan kewirausahaan, dan supervisi kepada guru dan tenaga kependidikan. Kepala sekolah tidak dibebani tugas pembelajaran namun dalam keadaan tertentu dapat melaksanakan tugas pembelajaran untuk memenuhi kekurangan guru pada satuan pendidikan.

“Sebagai seorang pemimpin, kepala sekolah memiliki wewenang untuk menyusun berbagai program sekolah, sedangkan sebagai seorang supervisor, kepala sekolah harus mampu melakukan supervisi pembelajaran dan membuat program perbaikan untuk meningkatkan mutu guru dalam melaksanakan pembelajaran yang berimbas kepada meningkatnya daya saing sekolah di mata masyarakat sebagai pengguna pendidikan,”jelas Wali Kota.

Lebih lanjut, Wali kota menegaskan bahwa seluruh kepala sekolah, khusunya yang baru saja dilantik, agar bekerja dengan sebaik-baiknya untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Kinerja para kepala sekolah akan dievaluasi setiap tahunnya yang meliputi komponen tugas manajerial, pengembangan kewirausahaan dan supervisi kepada guru dan tenaga kependidikan.

“Dalam kesempatan ini saya mengingatkan kembali pesan dari Ki Hajar Dewantara yaitu ‘Ing ngarsa sung tulada, Ing Madya Mangun Karsa, Tut Wuri Handayani‘. Pesan ini mengajarkan bahwa seorang kepala sekolah sebagai pemimpin harus bisa memberi teladan dan contoh melalui tindakan yang baik bagi guru, siswa, maupun untuk tenaga kependidikan, seorang pemimpin juga harus bisa menciptakan prakarsa atau ide untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolahnya serta memberikan dorongan dan arahan kepada guru siswa maupun tenaga kependidikan untuk berprestasi lebih baik lagi,” pesan Wali Kota.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Wakil Wali Kota Banjar, Ketua DPRD Kota Banjar, Sekretaris Daerah Kota Banjar, Kepala BKPSDM Kota Banjar, Serta Kepala Dinas Pendidikan Kota Banjar.

(Bayu)