oleh

Warrior of Light, Kostum Miss Ukraina Sebagai Simbol Lawan Rusia

Buletin Indonesia News.com

JAKARTA,- Viktoria Apanesenko, Miss Ukraina yang mampu mewakili negaranya di kontes Miss Universe mengungkapkan makna dari ‘baju perang’ atau kostum nasional yang akan dikenakan di ajang bergengsi tersebut. Kostum tersebut diberi nama Warrior of Light yang melambangkan peperangan negaranya yang diinvasi Rusia.

“Ini simbol perjuangan bangsa kita melawan kegelapan,” tulis Viktoria di akun instagramnya.

“Seperti malaikat Mikail, yang membela Ukraina dengan pedang yang melindungi kita,” lanjutnya.

Tampil dengan dress putih, Viktoria memperlihatkan kostum nasionalnya seperti pejuang. Saat itu penampilan Viktoria terlihat bold dengan pedang dan sayap. Pakaian itu juga dilengkapi dengan senjata dan pelindung tubuh.

Kostum yang dibuat oleh desainer Ukraina, desainer Lesia Patoka dari Patoka Studio ini juga mendesain mahkota dengan desain rumit. Hiasan kepala yang merujuk kepada malaikat agung Mikail, dihiasi dengan bitnik-bintik yang berupa tradisi dari Ukraina membuat Viktoria tampil sebagai pembawa pesan.

“Itu juga memiliki sinar tajam yang melambangkan tidak hanya ada cahaya, tetapi juga perjuangan Ukraina hari ini,” ujar sang desainer.

Di sana, Viktoria seakan menjadi pembawa cahaya yang menembus kegelapan yang datang ke bumi. Tampilnya di Miss Universe juga menjadikannya sosok yang ingin menyuarakan tentang tertindasnya negara Ukraina.

Tidak hanya sampai disitu, jumpsuit di bagian dalam dress-nya melambangkan baju besi dan membungkus Viktoria seperti kulit keduanya. Sedangkan gaun putih yang melapisinya terlihat seperti vyshyvanka (baju tradisional Ukraina). Rok yang mengalir dibuat dari kain setinggi lebih dari 32 kaki.

“Bagi kami, penting untuk menunjukan kepada dunia bahwa Ukraina kuat, berani, idak bisa dihancurkan. Kami siap memperjuangkan kebebasan kami karena kami tau harganya,” ucap Patoka, dilansir dari The Post.