oleh

Wartawan : Camera Dan Kopi Bersinergi

Buletinindonesianews.com

Opini
Pangkalpinang, Babel  — Biasanya seorang Wartawan identik dengan ditemani secangkir kopi, untuk lebih rilex dan santai dalam merielis sebuah berita, tapi tidak semua seorang Jurnalis untuk merilis berita dengan ditemani secangkir kopi.

Ini hanya Fenomena biasa saja, karena kopi biasanya dijadikan tempat inspirasi bagi mereka yang gemar berimajinasi dan mengasah pikiran untuk lebih mudah dan santai. Seperti yang penulis lakukan pada saat ini di sebuah warkop di kota Pangkalpinang. Kamis (18/11/2021)

Bagi wartawan yang mempunyai kecepatan menulis dan berfikir, tentunya tidak memerlukan  tempat khusus bagi mereka untuk merilis sebuah berita, cukup dengan dimana dia bisa menemukan inspirasi atau sebuah kejadian, dari situlah dia (wartawan) akan dengan mudah menjadikan nya sebuah berita yang menarik.

Fenomena ini bukan hanya terjadi di Indonesia, bahkan di seluruh dunia, karena kopi bisa dijadikan alasan berbagai macam alasan, terutama bagi seorang wartawan yang ingin menguji wawasannya hanya lewat sebuah apa yang dilihat untuk bisa menjadi sebuah bahan pemberitaannya.

Menjalani sebuah profesi apapun itu harus dengan totalitas sehingga apa yang dilakukan menjadi sebuah keharusan untuk menciptakan hasil terbaik dibidang kerja masing-masing.

Persiapan haruslah selalu dilakukan dimana setiap pagi menunggu acara yang akan datang untuk menjadi bahan liputan nanti siang sampai malam.

Kopi adalah teman bagi Jurnalis untuk menemaninya dalam menemukan ide dan kreativitas untuk menciptakan produk jurnalistik yang berkualitas.

Kamera adalah matanya jurnalis untuk bisa menghasilkan photo atau gambar yang bisa bercerita sehingga penajaman berita akan tertuang pada gambar di setiap beritanya.

Kompetensi adalah standar yang harus dilalui sebelum menjadi Profesional dalam Jurnalistik yang dimulai dengan UKW atau Uji Kompetensi Wartawan yang terbagi dalam 3 tahapan yaitu sertifikasi Muda, Madya dan Utama .

Dengan berbekal semangat dan ingin menjadikan Profesional di bidang Jurnalistik maka Kopi dan Wartawan menjadi satu kesatuan yang tak terpisahkan.

Penulis : Edoy

News Feed