Ratusan Mahasiswa Universitas Galuh Berbakat Peneliti Ikuti Workshop PKM

Ratusan Mahasiswa Universitas Galuh Berbakat Peneliti Ikuti Workshop PKM

Buletin Indonesia News

CIAMIS, — Ratusan Mahasiswa Universitas Galuh Ciamis mengikuti workshop Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) yang diselenggarakan di Aula Pertemuan Hotel Tyara, Sabtu (16/12/19). Kegiatan yang bertujuan untuk melahirkan peneliti-peniliti muda ini diberikan pembekalan agar mahasiswa yang hendak mengikuti PKM dapat mengerti tentang PKM dan pembedahan proposal (penelitian_Red) yang sudah dibuat agar dapat dibuat dengan sebaik-baiknya.

Wakil Rektor III Universitas Galuh Ciamis, Dr. Ida Farida, S.H., M.H mengatakan dari 110 proposal peserta PKM yang mengikuti Workshop, berharap bisa mencapai minimal 80 persen yang berhasil mendapatkan nilai bagus untuk seterusnya didanai oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti)

Demi pencapaian tersebut, Univeristas Galuh Ciamis menghadirkan seorang Pakar sebagai Narasumber dalam Workshop Program Kreativitas Mahasiswa. Dia adalah Dr. Hj. Nining Latiningsih, S.H., M.Hum seorang Koordinator P3M Politeknik Jakarta, yang memberikan bimbingan agar para Mahasiswa peserta PKM benar-benar paham dalam membedah proposal penelitian.

“Ini merupakan program tahunan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang mana Mahasiswa wajib meneliti yang dituangkan dalam bentuk Proposal yang namanya Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM). Jadi, kegiatan PKM ini merupakan bagian yang sangat penting terutama dalam penilaian Badan Akreditasi Nasional, baik untuk Universitas, Fakultas hingga Prodi”, papar Ida.

Sementara itu, Dr. Hj. Nining Latiningsih, S.H., M.Hum mengatakan dari 10.000 mahasiswa Universitas Galuh berharap bisa ada 10 persen (1.000) proposal penelitian sehingga bisa meningkatkan Sumber Daya Manusia terutama di lingkungan Universitas Galuh dan berdamopak positif bagi masyarakat pada umumnya. “Banyak program kreatifitas mahasiswa (Unigal) yang dituliskan antara lain ada yang sifatnya beton, pengaruh teknologi terhadap anak, ada yang sifatnya PKMK dalam hal ini tentang kewirausahaan seperti memberdayakan pisang sebagai salah satu bentuk makanan, mengangkat desa adat, mengembangkan kemajuan atau literasi yang akan diterapkan dalam bentuk puisi, dan banyak program penelitian Mahasiswa lainnya yang dituangkan dalam proposal” papar Nining.

Nining juga mengapresiasi antusias Mahasiswa Universitas Galuh dalam membuat proposal karena menunjukkan kualitas Sumber Daya Manusia di lingkungan kampus Universitas Galuh Ciamis.

Reporter : Agus Firman

Tontong juga Streaming Workshop PKM Universitas Galuh Ciamis :

Admin BIN

%d blogger menyukai ini: