oleh

Wujudkan UKM Go Global, Pemerintah Bermitra dengan BUMN dan Usaha Besar

Buletin Indonesia News.com

JAKARTA,- Sebagaimana yang telah disampaikan oleh Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, pemerintah mendorong Usaha Kecil Menengah (UKM) dan Industri Kecil Menengah (IKM) agar berorientasi industri dengan menjalin kemitraan dengan 17 Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Usaha Besar.

“Kemitraan ini kita ingin UMKM diintegrasikan, dapat rantai pasok BUMN. Jadi UMKM tidak usaha sendiri-sendiri lagi, tapi jadi bagian dari industri,” kata Teten Masduki, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah di Exhibition Hall Smesco, Jakarta, Kamis (24/11/2022).

Upaya ini merupakan kolaborasi dari Kementrian Koperasi dan UKM (KemenKop UKM), Kementrian Perindustrian (Kemenperin), Kementrian BUMN dan Kementrian Investasi.

Tidak hanya itu, upaya ini juga merupakan instruksi dari Presiden Joko Widodo supaya UMKM naik kelas dari skala mikro menjadi skala industri.

“Pak Presiden menugaskan untuk mendorong UMKM agar usahanya tidak mikro terus. Juga meminta BUMN dan usaha besar berbagi pekerjaannya kepada UMKM agar naik kelas,” ucap Teten.

Dalam pemaparannya, Teten juga menjelaskan tentang apa saja keuntungan yang akan didapatkan BUMN dan Usaha Besar apabila kemitraan ini berjalan.

Menurutnya, kemitraan ini merupakan simbiosis mutualisme agar mencapai ekonomi besar tahun 2024 mendatang.

“Bagi BUMN, banyak keuntungan bermitra dengan UMKM, yaitu biaya produksi lebih rendah dan insentif pajak. Dengan cara itu kita ingin UMKM menjadi bagian industrialisasi, industrinya berkembang UMKM juga berkembang,” terangnya.

Harapannya, UKM yang sudah bermitra ini nantinya dapat menjangkau pasar global.

Selain itu, agar target itu dapat terealisasikan dengan mudah, pemerintah memberlakukan berbagai insentif termasuk kemudahan dalam perizinan.

“Berbagai insentif sudah kita lakukan seperti pajak, upah minimum, akses pembiayaan dan kemudahan perizinan sekarang kita permudah untuk UMKM jadi bagian dari industri, agar standarisasi produknya berkualitas,” pungkas Teten.