oleh

Yakin Tanggal 23 Januari Cuti Bersama? Simak Yuk!

Buletin Indonesia News.com

JAKARTA,- Berdasarkan hasil putusan, telah ditetapkan bahwa cuti bersama Imlek jatuh pada tanggal 23 Januari 2023. Hanya saja, libur cuti bersama Imlek ini bersifat tidak wajib untuk pekerja swasta. Pekerja yang masuk pun tidak mendapatkan insentif dari perusahaan seperti saat kerja biasa.

Anwar Sanusi, Sekretaris Jendral Kemnaker memaparkan tentang sistem cuti beresama yang merupakan bagian dari cuti tahunan. Pekerja yang masuk ketika cuti bersama Imlek 23 Januari besok hanya tidak dikurangi jatah cuti tahunannya.

“Pekerja/buruh yang bekerja pada hari cuti bersama, hak cuti tahunannya tidak berkurang dan kepadanya dibayarkan upah seperti hari kerja biasa,” ujar Sanusi dikutip dari detikcom, Kamis (19/1/2023).

Begitu pula sebaliknya, pekerja swasta yang tidak masuk atau ikut cuti bersama Imlek pada 23 Januari besok akan dikurangi jatah cuti tahunannya.

“Pekerja/buruh yang melaksanakan cuti pada hari cuti bersama, hak cuti yang diambil tersebut mengurangi hak atas cuti tahunan pekerja yang beresangkutan,” paparnya.

Dia juga menyebutkan bahwa pelaksanaan cuti bersama Imlek untuk pekerja swasta ini bersifat fleksibel. Sehingga keputusan adanya cuti atau tidak diambil berdasarkan keputusan perusahaan itu sendiri.

“Perusahaannya bersifat fakultatif atau pilihan sesuai kesepakatan antara pegusaha dengan pekerja/buruh dan/atau serikat pekerja/serikat buruh, perjanjian kerja, peraturan perusahaan atau perjanjian kerja bersama dan peraturan Perundang-undangan, dengan mempertimbangkan kondisi dan kebutuhan operasional perusahaan,” ujarnya.