Yuk Simak Manfaat Buah Menteng bagi Kesehatan! Yang Kini Kian Langka

Buletin Indonesia News.com

CIAMIS, Jabar — Menemukan penjual buah menteng memang cukup sulit, keberadaan pohonnya pun sudah cenderung langka. Padahal, buah menteng juga mengandung kandungan gizi sejumlah manfaat yang baik untuk kesehatan. Simak penjelasannya berikut ini.

Menteng (Baccaurea racemosa) adalah tanaman yang berasal dari Melanesia bagian barat. Pohonnya tumbuh di negara-negara Asia Tenggara, termasuk Indonesia, Malaysia, Filipina, Sri Lanka, dan Thailand.

Pohon ini dibudidayakan secara luas terutama di pulau Jawa, Sumatera, Bali, dan Semenanjung Malaysia. Tidak hanya menghasilkan buah yang bisa dimakan, terkadang pohon ini juga ditanam sebagai pohon penghias dan peneduh. Pohon menteng bisa tumbuh hingga sepanjang 15 meter.

Sayangnya, karena rasa buahnya yang masam dan sepat, tidak banyak orang yang menyukainya. Alhasil, pembudidayaan pohon menteng pun jadi berkurang.

Meski demikian, buah menteng sebenarnya kaya akan nutrisi. Di bawah ini merupakan daftar kandungan gizi yang terdapat dalam penyajian 100 gram buah menteng.

  • Air: 79 gram
  • Energi: 65 kalori
  • Karbohidrat: 16,1 gram
  • Abu: 2,9 gram
  • Protein: 1,7 gram
  • Lemak: 0,3 gram

Buah ini juga mengandung mineral seperti kalsium, fosfor, dan zat besi.

Dengan banyaknya kandungan tersebut, berikut ini beberapa manfaat buah menteng bagi kesehatan:

– Sumber Antioksidan yang Baik
Daging buah menteng banyak mengandung flavonoid, fenol, dan terpenoid. Ketiganya adalah senyawa antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari bahaya paparan radikal bebas. Di antaranya seperti penyakit jantung dan kanker. Kandungan antioksidan tersebut didapatkan dari asam galat dalam buah menteng.

Asam galat banyak terkandung dalam kulit buah ketimbang dagingnya. Meskipun demikian, kandungan tersebut sangat lemah dibanding antioksidan, seperti vitamin C.

Oleh karena itu, jika ingin mengonsumsi buah menteng, Moms harus melengkapi asupan vitamin C dari makanan lain.

– Mengatasi Gangguan Pencernaan
Manfaat buah menteng lainnya adalah mengatasi gangguan pencernaan, seperti diare. Manfaat yang satu ini lagi-lagi karena kandungan asam galat dalam daging dan kulit buah menteng.

Asal galat memiliki kandungan antibakteri, yang dapat bertindak sebagai anti-HIV dan antikarsinogenik.

– Menunjang Kesehatan Tulang dan Darah
Kandungan zat besi dan kalsium membantu menjaga kesehatan tulang dan sel darah. Kedua zat tersebut terkandung dalam buang mentang.

Zat besi adalah nutrisi penting yang dibutuhkan untuk mengedarkan oksigen ke seluruh tubuh, agar risiko anemia dapat diminimalisir. Sedangkan kandungan kalsium dibutuhkan untuk membantu menjaga kesehatan tulang dan otot, menunjang proses pembekuan darah, hingga membantu jantung berdetak.

– Menunjang Kinerja Indra Penglihatan
Mata adalah salah satu indra yang penting, sehingga kesehatannya perlu dijaga dengan baik.

Selain mengurangi penggunaan gadget, Moms bisa mengonsumsi buah dan sayur dengan kandungan vitamin A, termasuk buah menteng.

Dalam 100 gram buah menteng, mengandung 3 miligram vitamin A yang dapat menunjang kesehatan mata. Vitamin A berperan dalam menunjang kesehatan mata. Vitamin tersebut menurunkan risiko perkembangan miopia di masa muda, bahkan menghilangkannya secara keseluruhan.