Berikan Status Siaga, Pagi Ini Gunung Merapi Keluarkan Awan Panas Guguran

Buletin Indonesia News.com

YOGYAKARTA,- Setelah lama terdiam, kini Gunung Merapi kembali mengeluarkan awan panas guguran. Jarak luncur awan panas guguran tersebut mencapai 1.500 ke arah barat daya.

“Awan panas guguran di Gunung Merapi tanggal 8 Februari 2023 pukul 07.10 WIB,” ucap Agus Budi Santoso, Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), Rabu (8/2/2023).

Berdasarkan data dari BPPTKG, awan panas guguran tercatat di seismogram dengan amplitudo 52 mm. Sedangkan untuk awan panas guguran tercatat 130 detik.

“Jarak luncur 1.500 m ke arah Kali Boyong (barat daya),” jelasnya.

Hingga saat ini, BPPTKG masih menetapkan aktivitas Gunung Merapi pada status Siaga. Potensi bahaya yang akan terjadi saat ini berupa guguran lava dan awan panas di sektor selatan-barat daya, yaitu Sungai Boyong sejauh 5 km, Sungai Bedog, Krasak dan Bebeng sejauh maksimal 7 km.

Di sektor tenggara ada Sungai Woro maksimal sejauh 3 km dan Sungai Gendol 5 km. Untuk lontaran material vulkanik jika terjadi letusan eksplosif bisa menjangkau radius 3 km dari puncak.

BPPTKG mengimbau masyarakat agar tidak meakukan kegiatan apapun di daerah yang memiliki potensi bahaya. Selain itu juga mengantisipasi gangguan dari abu vulkanik dan erupsi Merapi, juga mewaspadai bahayanya lahar terutama saat terjadi hujan di sekitar Merapi.