DPC Perhiptani Ciamis Resmi Dikukuhkan

Buletin Indonesia News.com

Ciamis, — Keberadaan penyuluh pertanian sangat penting dan strategis sebagai ujung tombak kemajuan pertanian di Kabupaten Ciamis.

Hal tersebut, diungkapkan Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra saat menghadiri pengukuhan pengurus DPC Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia (Perhiptani) Periode 2022-2027 di Aula Dinas Pertanian, Rabu (22/03/2023).

Diketahui, sebanyak 218 pengurus DPC se wilayah Kabupaten Ciamis yang meliputi enam wilayah Kecamatan dikukuhkan oleh Ketua DPD Perhiptani Kabupaten Ciamis Atik Rohman.

Wabup menuturkan untuk lancarnya roda organisasi Perhiptani, para pengurus harus benar-benar memahami apa yang menjadi tugas dan fungsinya didalam organisasi.

“Saya berharap pada pengurus paling tidak tahu apa Perhiptani, baca AD ART nya jadi paham organisasi apa maksud dan tujuannya serta pahami tugas dan fungsi saudara sebagai pengurus,” ucap Wabup.

Selanjutnya, Wabup mengatakan peran penyuluh menjadi sangat strategis dan penting, karena starting point nya ada di SDM, sehingga harus dibekali wawasan pengetahuan dan tehnologi tepat guna.

“Untuk peningkatan kompetensi saya titip bimtek dan pelatihan bagi para penyuluh, karena ilmu pengetahuan dan tehnologi itu sangat dinamis mengikuti perkembangan zaman,” terangnya.

Menurutnya, dengan peningkatan kompetensi tersebut akan memudahkan penyuluh dalam mentransfer ilmunya kepada petani sehingga pertanian akan dapat dimaksimalkan dan masyarakat sejahtera.

Lebih lanjut, Ia mengatakan dengan telah dikukuhkannya pengurus Perhiptani ini diharapkan dapat menjadi angin segar untuk pembangunan di Kabupaten Ciamis khususnya di bidang Pertanian.

“Selamat kepada para pengurus yang telah dikukuhkan, mudah-mudahan amanah dan dapat menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya,” pungkas Wabup.

Feri