Kesigapan Babinsa di Ciamis Bantu Korban Tertimpa Pohon Tumbang

Buletin Indonesia News.com

Ciamis, – Babinsa Karangkamulyan Koramil 1303/Cijeungjing Kodim 0613/Ciamis Sertu Dendi bersama warga melakukan evakuasi pohon tumbang di kawasan Situs Cikahuripan Ciungwanara, Desa Karangkamulyan, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis. Kejadian pohon tumbang itu terjadi pada 16 Februari 2023, sekitar pukul 14.15 WIB.

Kejadian pohon tumbang ini mengakibatkan dua orang luka luka karena tertipa batang pohon. Kejadian berlangsung saat hujan deras disertai angin yang melanda hampir seluruh Indonesia.

Komandan Kodim 0613/Ciamis Letkol Inf Wahyu Alfiyan Arisandi, S.I.P., M.I.Pol., mengatakan, apa yang dilakukan anggota Babinsa Desa Karangkamulyan itu merupakan kepedulian cepat TNI dalam penanganan kebencanaan. Selain itu juga sebagai bentuk kesigapan serta sinergitas setiap personel menjaga keutuhan dan keamanan di setiap tempat tinggal atau bertugas.

“Ini bagian dari pada sinergitas TNI-Polri, Pemerintah dan Masyarakat dalam penanganan kebencanaan khususnya pohon tumbang di kawasan Situs Cikahuripan Ciungwanara. Evakuasi ini dilakukan dengan cepat lantaran korban sudah terlalu lama tertimpa pohon tumbang. Kedua korban itu atas nama Tati Rohayati dan Agus. Keduanya warga masyarakat Desa Cisaga,” ucap Letkol Inf Wahyu Alfiyan Arisandi.

Dandim menjelaskan, pohon tumbang yang menimpa dua orang warga ini akibat hujan deras disertai angin kencang yang terjadi sejak siang hari.

“Kedua korban alhamdulillah berhasil dievakuasi dari runtuhan pohon yang menimpanya. Saat ini kedua korban diberi penanganan oleh tenaga medis di PKM Cijeungjing. Namun untuk korban Tati diberi penanganan media lebih ke RS. Dadi Keluarga karena mengalami luka serius sedangkan Agus hanya mendapatkan luka ringan,” kata Letkol Inf Wahyu Alfiyan Arisandi.

Dandim mengimbau kepada masyarakat untuk selalu berhati-hati dan waspada saat hujan disertai angin kencan. Warga diminta agar memilih tempat berteduh jauh dari pohon yang rapuh guna mencegah timbulnya korban akibat pohon tumbang.

(Feri)