Ruang ICU RSUD Bandung Kebakaran, Sebagian Pasien Dirujuk ke RS Terdekat

Buletin Indonesia News.com

BANDUNG, Jabar — Ruang intensive care unit (ICU) RSUD Bandung Kiwari yang terletak di Jalan Wahid Hasyim, Kota Bandung, Jawa Barat, kebakaran pada Rabu (1/2/2023). Sejumlah pasien dievakuasi keluar dari gedung juga ke rumah sakit terdekat.

Kepala Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kota Bandung, Gun Gun Sumaryana berkata kebarakaran terjadi sekitar pukul 7 di ruang ICU yang berada di lantai empat.

“Kami menurunkan unit dari pusat, karena ini objek vital,” kata Gun Gun di lokasi kejadian seperti dikutip Antara.

Ia menuturkan, pasien yang berada di lantai yang lebih atas telah dievakuasi ke lantai bawah.

Sementara itu, Direktur Utama RSUD Bandung, Kiwari Yorisa Sativa berkata terdapat beberapa pasien yang dievakuasi ke rumah sakit terdekat akibat dari kebaran yang terjadi. Pasien yang dipindahkan merupakan pasien yang membutuhkan alat bantu pernafasan.

“Untuk jumlah detail pasien (yang dievakuasi), kami masih mendata,” ujarnya di lokasi.

“Intinya pasien di lantai empat sudah tertangani di IGD, karena pasien itu ada juga yang memerlukan bantuan pernafasan, karena awalnya sedang dirawat,” tambahnya.

Yorisa juga mengatakan, sekitar 20 bayi yang baru lahir juga dirujuk ke rumah sakit lain supaya mendapatkan perawatan yang optimal.

Saat kebakaran, Pasien RSUD Bandung Kiwari dievakuasi ke luar gedung rumah sakit tersebut. Setelah api padam, pasien di bawa kembali ke dalam ruangan yang tidak terkena dampak dari kebakaran.

“Tapi lantai empat dikosongkan sementara. Sekarang ada beberapa pasien di IGD bisa di ke-atas-kan kembali atau dirujuk,” ujar Yorisa.

Yorisa menuturkan, petugas rumah sakit mengecek satu persatu ruangan di dalam rumah sakit, khususnya di lantai empat supaya tidak ada pasien yang tertinggal di area tersebut.

Kebakaran di Gedung RSUD Bandung Kiwari diduga disebabkan oleh mesin sterilisasi udara yang terlalu panas.