Seorang Lansia di Ciamis Terbakar Tabung Gas Yang Meledak

Buletin Indonesia News.com

CIAMIS, Jabar — Seorang lansia bernama Aringsing (60) warga Desa Mekarbuana, Kecamatan Panawangan, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, mendapat luka bakar setelah tabung gas di dapurnya tiba-tiba meledak, Senin (20/2/2023).


Setelah kejadian tersebut, Aringsing kini dirawat di rumah sakit Kuningan. Aringsing mendapat luka bakar yang cukup parah. Tidak hanya itu, tembok rumah pun ikut rusak akibat dari ledakan gas 3kg tersebut.

Anggota Tagana Ciamis, Odin Nugraha membenarkan kejadian ledakan gas tersebut. Odin juga turut membantu menyelamatkan korban setelah mendapat laporan dari warga.

 
“Diduga tabung gas meledak, korban pemilik rumah mengalami luka bakar,” kata Odin, Selasa (21/2/2023).

Kejadian berawal saat Aringsing pulang dari masjid setelah melaksanakan shalat berjamaah dan pergi ke dapur untuk memasak. Namun, ketika kompor dinyalakan tiba-tiba gas meledak.

 
“Mendengar ada ledakan warga pun langsung mendatangi rumah korban. Terlihat dinding rumah bagian depannya juga sudah jebol. Saya bersama warga lalu membawa korban ke Puskesmas Gardujaya,” ujarnya.

Setelah diperiksa di puskesmas, Aringsing kemudian dirujuk RSUD 45 Kuningan. Karena jarak dari Kecamatan Panawangan lebih dekat ke Kabupaten Kuningan.

“Luka bakarnya sekitar 50 persen jadi dirujuk ke RSUD 45 Kuningan,” ucap Odin.

Setelah itu, Tagana Ciamis, warga sekitar, bahkan Pemerintah Desa Mekarbuana ikut membantu membereskan rumah Aringsing yang berantakan akibat tabung gas meledak.
 

“Kerugian akibat kejadian ini diperkirakan Rp 50 juta,” ucapnya.