Bupati Ciamis Pimpin Upacara HUT Satpol PP, Satlinmas, serta Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan

Buletin Indonesia News.com

CIAMIS, Jabar – Bupati Ciamis Herdiat Sunarya menjadi inspektur upacara dalam memperingati HUT Satuan Polisi Pramong Praja (Satpol PP) ke-73, HUT Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) ke-61, dan HUT Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan ke-104 Kabupaten Ciamis. Upacara tersebut mengambil tema ‘Mewujudkan wilayah tertib dan ramah melalui  Satuan Polisi Pramong Praja dan Satuan Perlindungan Masyarakat yang professional’, sedangkan Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan mengambil tema ‘Pemadam Kebakaran dn Penyelamatan tangguh, rakyat tumbuh, Indonesia Maju’. Upacara tersebut dilaksanakan di Taman Lokasana Ciamis, Jawa Barat, pada Jum’at (17/03/2023) pagi.

Herdiat mengatakan, tema yang diambil dalam upacara tersebut bermakna untuk meningkatkan daya tarik dan kemudahan bagi para investor dan pengusaha lokal dalam mendukung pertumbuhan ekonomi.

“Tema yang diambil mengandung makna untuk menghadapi isu penguatan pertumbuhan ekonomi dalam pengendalian inflasi peran Satpol PP, dan Linmas, serta Pemadam kebakaran dan Penyelamatan dalam penyelenggaraan Trantibumlinmas adalah untuk menciptakan situasi kondisi yang tertib, aman, serta kondusif yang diharapkan. Agar meningkatkan daya tarik dan kemudahan usaha bagi investor dan pengusaha lokal untuk mendukung pertumbuhan ekonomi di daerah,” kata Herdiat saat membacakan teks amanat inspektur upacara.

Foto : Bupati Ciamis Herdiat Sunarya, Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra, Sekda Ciamis Tatang, dan Forkopimda Kabupaten Ciamis.

Herdiat juga menjelaskan, bahwa peranan Satpol PP sangatlah penting dalam menjaga keamanan di lingkungan masyarakat.

“Peranan strategi Satpol PP dalam melaksanakan pemerintahan di daerah dijelaskan bahwa urusan ketentraman, ketertiban dan perlindungan masyarakat merupakan salah satu urusan pemerintahan wajib yang berkaitan dengan pelayanan dasar. Sehingga menuntut organiasasi perangkat daerah yang menanganinya harus benar-benar professional dan benar-benar memenuhi kriteria standar pelayanan minimal,”

Herdiat mengharapkan, Satpol PP dan Linmas dapat mengutamakan pelayanan yang baik kepada masyarakat dan bertugas sesuai dengan standar operasional prosedur.

“Saya berharap peningkatan peran serta Satpol PP dan Linmas dalam implementasi kebijakan kemudahan investasi di daerah, dilakukan melalui upaya penguatan professional dan integritas dengan mempertahankan sikap humanis. Agar memberikan kenyamanan bagi masyarakat dan para pelaku usaha untuk berinvestasi dan beraktivitas. Selalu mengutamakan pelayanan prima kepada masyarakat dengan mengedepankan upaya persuasif pada setiap penegakan peraturan daerah, senantiasa mengayomi masyarakat, membangun jejaring komunikasi, kolaborasi, serta inovasi dengan seluruh pemangku kepentingan. Menjaga disiplin dan tegak dengan tegas dalam bertindak berdasarkan standar operasional prosedur,” harapnya.

“Pelaksanaan nilai-nilai diatas tentunya harus diiringi dengan tetap menjunjung tinggi kehormatan sebagai bentuk pengabdian kepada bangsa dan negara,” sambungnya.

Herdiat menuturkan, bahwa Indonesia akan menghadapi agenda yang sangat penting di tahun 2024. Ia mengatakan, agenda tersebut harus menjadi titik fokus semua pihak.

“Agenda pemilu tahun 2024 merupakan salah satu agenda yang sangat penting yang harus menjadikan fokus bagi kita semua, karena masyarakat Indonesia semuanya menghendaki agar pelaksanaan Pemilu ataupun Pilkada di tahun yang akan datang benar-benar menjadi Pemilu berkualitas yang menghasilkan sosok-sosok wakil rakyat atau pemimpin yang terbaik,” tuturnya.

Foto : Bupati Ciamis Menjadi Inspektur Upacara

Herdiat juga mengharapkan, menjelang memasuki Pemilu dan Pilkada tahun 2024 berjalan dengan aman, tertib, dan demokratis.

“Saat ini kita telah memasuki awal tahun 2023, untuk itu mari kita manfaatkan untuk mengkonsolidasikan penyelenggaraan ketentraman, ketertiban umum, dan perlidungan masyarakat di daerah dalam rangka menghadapi agenda Pemilu 2024. Agar tercipta kondisi yang aman, tertib, demokratis dalam bingkai NKRI. Termasuk dalam menghadapi agenda Pilkada,” harapnya.

Herdiat mengatakan, bahwa Pemadam Kebakaran bukan hanya sebagai petugas yang bersifat pasif. Peran dari Pemadam Kebakaran terlihat dari tugas dan tanggung jawabnya.

“Terkait keberadaan Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, kita harus sama-sama menyamakan persepsi berdasarkan sudut pandang Undang-undang dan agenda besar negara kita saat ini. Pemadam Kebakaran bukan hanya penjaga kota yang bersifat pasif, tetapi lebih dari itu. Berperan aktif dalam proses pembangunan, terlindungi hasil pembangunan, dan memberikan perlindungan pada masyarsakat. Peran-peran penting dalam Pemadam Kebakaran tercermin dari tugas dan tanggung jawabnya. Tugas pemadam kebakaran diantaranya adalah melakukan penanganan kebakaran dan bencana lainnya, serta melaksanakan pemberdayaan masyarakat dalam upaya pencegahan, penanganan kebakaran, dan penagangan bencana lainnya,” katanya.

Foto : Upacara HUT Satpol PP, Satlinmas, serta Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan

“Pemadam kebakaran dan penyelematan harus sinergis dengan seluruh masyarakat guna mewujudkan tema hut pemadam kebakaran,” sambungnya.

Saat memimpin upcara HUT tersebut Herdiat juga berbelasungkawa atas meninggalnya indra Ainu Rahman yang merupakan salah satu anggota Satpol PP Ciamis.

Dalam upacara tersebut, Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan menampilkan yel-yel, cara mengamankan ular, dan memberikan cara untuk memadamkan api kecil, sedang, dan besar.

Baca Juga : Bupati Sebut Ciamis Kekurangan Anggota Satpol PP

(Reporter : *Tegar Anjar Abadi)