Dibiayai FIFA, Jokowi Bangun Pusat Latihan Sepak Bola di IKN

Buletin Indonesia News.com

JAKARTA,- Untuk mendukung persepakbolaan Indonesia, Presiden Joko Widodo mengatakan akan membangun sebuah pusat latihan atau training center di Kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN). Nantinya, akan terdapat delapan lapangan sepak bola di IKN.

“Lapangan sepak bolanya PSSI ini akan segera dikerjakan dan diharapkan selesai tidak lebih dari satu tahun,” ucap Jokowi di keterangannya saat memantau Kawasan 1B, Ibu Kota Nusantara, Kabupaten Penajam Paser Utara, Jumat (24/2/2023).

Jokowi juga menyampaikan, pembangunan lapangan sepak bola itu akan dibiayai oleh Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA). Karena menurutnya hal teresebut adalah bukti dari kepercayaan internasional akan pembangunan IKN.

“Ini akan dibiayai oleh FIFA, menunjukan bahwa kepercayaan internasional, kepercayaan FIFA terhadap IKN ini ada,” pungkasnya.

Selain itu, Menteri BUMN sekaligus Ketua Umum PSSI Erick Tohir turut memberikan apresiasi terhadap rencana yang diusulkan oleh Jokowi untuk mendukung persepakbolaan Indonesia.

“Sebuah kehormatan yang luar biasa bapak sudah memutuskan pembangunan training center di tengah kota,” ujar Erick.

Selanjutnya, rencana lokasi pusat pelatihan tersebut akan dibangun di sub wilayah perencanaan (SWP) 1B IKN yang ditujukan untuk area pendidikan dan pemerintahan.

Adapun menteri-menteri yang turut mendampingi Jokowi adalah Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri ATR/Kepala BPN Hadi Tjahjanto, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Menteri BUMN Erick Thohir, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Kepala Otorita IKN Bambang Susantono, dan Wakil Kepala Otorita IKN Dhony Rharjoe.